Ahmad Imam Satriya
Ahmad Imam Satriya Guru

mencintai 4 wanita cantik Rizka, Adzra, Rania, dan Alida! Great minds discuss ideas, average minds discuss events, small minds discuss people - Elenaor Roosevelt Seorang guru di sebuah sekolah negeri. Pemerhati humaniora. Paling senang berada di tengah keluarga dan di dalam kelas belajar bersama siswa.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

10 Tips Jemur Pakaian di Musim Hujan

4 Desember 2017   07:29 Diperbarui: 5 Desember 2017   12:41 3356 5 3
10 Tips Jemur Pakaian di Musim Hujan
jemur pakaian, dokpri

Judul di atas mungkin terdengar ga penting bagi yang ga mencuci pakaian sendiri setiap hari atau yang biasa ke jasa laundry. Namun bagi saya yang bertahun tahun cuci baju sendiri, itu penting. Karena kalau tidak, di musim hujan ini, baju yang kita kenakan setiap hari bisa tidak kering, bau, atau kotor. Bisa karena hujan yang turun terus menerus, bisa karena jemuran yang baru dicuci jatuh karena diterpa angin. Walhasil, kitapun haris mencucinya kembali, makan waktu dan tenaga. Oleh karena itu penting bagi saya menyiasati jemur pakaian di musim hujan.

Di kesempatan ini, saya ingin berbagi tips menjemur pakaian di musim hujan berdasarkan pengalaman saya. Di musim hujan ini ada dua hal yang harus kita perhatian sebagai faktor eksternal yang memengaruhi jemuran kita, yaitu air hujan dan angin. Kedua faktor itu menjadi bahan pertimbangan dalam tips. Berikut tipsnya:

Pertama. Memantau prakiraan cuaca. Dengan memantau prakiraan cuaca kita bisa tahu apakah besok hujan atau tidak. Walaupun mungkin bisa meleset, paling tidak, tahu kemungkinan yang akan terjadi. Jika cuaca terang silahkan jemur pakaian di luar rumah di mana anda akan mendapatkan panas matahari. Jika cuaca hujan, silahkan menjemur di dalam rumah atau di bagian rumah yang ada atapnya yang bisa melindungi jemuran saat kita pergi kerja.  

Kedua. Ketika angin sedang kencang-kencangnya atau ketika hujan deras, jangan lupa menggunakan jepitan jemuran. Jepitan jemuran ini menurut saya merupakan salah satu penemuan canggih dalam dunia rumah tangga. Anda bisa membedakan jika tidak menggunakannya, jemuran akan beterbangan tertiup angin, jatuh ke bawah, pada akhirnya kotor dan kita harus mencucinya kembali.   

Ketiga. Anda bisa menggunakan jemuran matahari untuk pakaian yang kecil-kecil seperti pakaian dalam, sapu tangan, baju celana bayi dan lain sebagainya. Jemuran matahari ini tidak membutuhkan ruang yang besar, jadi cukup fleksibel mau ditaruh di mana. Berbeda dengan jemuran yang dibuat dari aluminium, yang panjang dan dilipat. Yang model itu membutuhkan tempat yang luas, baik di dalam maupun di luar rumah.   

jemur dalam rumah pakai gantungan, dokpri
jemur dalam rumah pakai gantungan, dokpri

Keempat. Gunakan gantungan baju. Gantungan baju digunakan jika hujan terus menerus tidak berhenti dan bisa digantung di dalam rumah. Selain kuat menahan angin, kelebihannya adalah tidak memerlukan ruang yang banyak untuk menjemur. Jadi jemuran kita bisa padat dan berisi.

Kelima. Gunakan kipas angin jika ditaruh di dalam rumah. Beberapa kali saya menggunakan kipas angin ketika hujan turun sepanjang hari dan malam hari. Kipas angin akan membantu proses pengeringan pakaian. Jangan menempelkan pakaian pada kipas angin karena tutup kipas angin biasanya kotor dan berdebu, pakaian juga bisa kotor pada akhirnya.  

Keenam. Gunakan pewangi saat baju kita "demek". Terkadang di musim hujan ini, baju kita bau karena tidak kering. Oleh karena itu gunakan pewangi saat disetrika.

Ketujuh. Titip tetangga. Jika tidak ada orang di rumah, tetapi kita tetap harus jemur pakaian, tidak ada salahnya menitipkan pada tetangga apabila hujan turun. Menitipkan maksudnya minta tolong diangkat dan diamankan.

Kedelapan. Utamakan pakaian yang dipakai setiap hari, apakah untuk kerja atau untuk sekolah seperti baju seragam. Setelah itu pakaian yang dipakai di kala senggang, seperti baju kaos. Utamakan juga pakaian yang bahannya tipis.

jemuran matahari, dokpri
jemuran matahari, dokpri

Kesembilan. Jika jemuran beragam, jika menggunakan jemuran aluminium yang panjang dan bisa dilipat, taruh jemuran yang paling lebar di paling depan, sehingga bisa mengurangi angin atau tampiaas hujan. Jemuran yang lebih kecil seperti pakaian dan baju dalam akan terlindungi.

Kesepuluh. Pastikan pengering cucian di mesin cuci bekerja dengan baik. Ini akan sangat memudahkan proses pengeringan. Kalau selama ini anda tidak menggunakan mesin, alias cuci sendiri pakai tangan, menabunglah dan beli mesin cuci. Mencuci dengan tangan saat musim hujan tidak saya sarankan.  

***

Kesepuluh tips ini saya terapkan selama bertahun-tahun dan alhamdulillah bisa memberikan sedikit solusi jemur pakaian di saat musim hujan. Penting bagi yang baru ngekos dan harus mencuci sendiri, atau yang baru berumah tangga, atau ibu rumah tangga, bagi para asisten rumah tangga yang diberi kepercayaan untuk cuci baju oleh majikannya dan rekan-rekan lainnya. Semoga bermanfaat.  

Sekian.