Mohon tunggu...
Ahmad HanifPriyono
Ahmad HanifPriyono Mohon Tunggu... Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang

Bismilllahirohmanirrohim

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mahasiswa KKN UM Ajak Pemuda Desa Pulungdowo Aktif Berorganisasi Melalui Pembentukan Karang Taruna

25 Juni 2019   06:13 Diperbarui: 25 Juni 2019   08:03 0 1 1 Mohon Tunggu...
Mahasiswa KKN UM Ajak Pemuda Desa Pulungdowo Aktif Berorganisasi Melalui Pembentukan Karang Taruna
dokpri

(Malang/23 Juni 2019), Karang Taruna merupakan sebuah lembaga organisasi masyarakat yang berada di bawah naungan Kementerian Sosial Republik Indonesia (KEMSOS RI) dan juga merupakan wadah serta sarana pengembangan masyarakat khususnya generasi muda desa/kelurahan dalam menyalurkan ide/gagasan pada bidang usaha kesejahteraan sosial. Anggota dari Karang Taruna mulai dari usia 13-45 tahun, generasi muda tersebut diharapkan dapat menjadi anggota masyarakat yang berkualitas, terampil, cerdas dan inovatif.

Salah satu program kerja mahasiswa KKN UM Desa Pulungdowo 2019 ialah pemberntukan Karang Taruna Desa Pulungdowo. Tujuannya adalah meningkatkan peran serta generasi muda desa dalam berorganisasi. Pembentukan ini juga didukung dengan keadaan nyata di desa dimana belum adanya organisasi pemuda yang resmi. Berdasarkan hasil wawancara dengan muda/i desa menuturkan bahwa perlu ada sebuah organisasi resmi yang dapat menaungi ide dan aspirasi mereka. Selain itu muda/i desa juga menginginkan adanya bekal ilmu keroganisasian setelah dibentuk Karang Taruna agar nantinya tetap terus berjalan.

Kegiatan ini dilaksnakan pada tanggal 16 Juni 2019 bertempat di Balai Desa Pulungdowo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Acara tersebut dihadiri oleh masing-masing 3 hingga 5 delegasi muda/i desa per-RW dari total 9 RW yang tersebar pada 5 dusun. Selain itu perangkat desa juga turut hadir dalam acara tersebut, mengingat perangkat desa juga mendukung pembentukan Karang Taruna Desa. Proses pembentukan dilaksanakan dengan musyawarah dan menghandirkan pemateri dari Karang Taruna Kecamatan.

dokpri
dokpri
Selama acara berlangsung antusiasme muda/i desa sangat baik, mereka saling mengutarakan pendapatnya dan bertukar pikiran, hingga akhirnya terbentuk susunan Karang Taruna Desa Pulungdowo. Kehadiran pemateri yaitu Sigit yang juga merupakan ketua Karang Taruna Kecamatan juga menambah semangat muda/i desa untuk memahami dan mengetahui bagaimana cara berorganisasi yang baik dan memantapkan ilmu keorganisasian mereka kedepannya.

Acara diakhiri dengan penandatangan berita acara yang selanjutnya akan ditindak lanjuti pada tingkat lanjut. Melalui kegiatan ini para mahasiswa KKN mengaharapkan muda/i desa dapat menjadi generasi muda yang lebih baik kedepan dan aktif dalam organisasi. Sehingga dapat menjadi generasi yang dapat memajukan desanya.