Ahmad Fauzi Hasbullahi
Ahmad Fauzi Hasbullahi Pengacara Publik, Blogger Amatir, Santri, Bapak dari 3 Anak.

Berusaha menjadi orang yang bermanfaat untuk sesama. Santri, Advokat bisa hubungi saya di email : ozyman83@gmail.com, HP/WA : 085286856464. Kadang ngetwit di @fauzihs

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Rutin Olahraga Lari, Pusing Bawaanpun Hilang

8 Oktober 2017   02:22 Diperbarui: 8 Oktober 2017   06:33 1204 1 1
Rutin Olahraga Lari, Pusing Bawaanpun Hilang
img-20171008-wa0013-59d96437a1a50a6ce90adfe2.jpg

Adalah Kuswanto, salah seorang kenalan lama, yang kemudian menjadi sahabat. Kami terakhir bertemu di omah tani, Batang, Jawa tengah, pada akhir 2012 silam, saat sama-sama memenuhi undangan dari salah satu organisasi HAM dan Advokasi perburuhan yang berkantor di Ibukota Jakarta, dalam acara pendidikan politik kerakyatan.

Sejak saat itu, kemudian hubungan dan komunikasi kami berjalin dengan baik. Meski tidak ketemu secara fisik, tapi kami sering tukar pikiran melalui media sosial yang ada. 

Beruntung sekali, malam ini, Sabtu malam, 7 Oktober 2017, kami dipertemukan kembali. Kamipun satu sama lain saling cerita ngalir apa adanya, sesekali canda dan tawa sebagaimana pertemuan sesama sahabat pada umumnya. Dari ngomongin soal rumah tangga masing-masing, cerita masa kecil hingga soal cita-cita besar sebagai sesama anak muda.

Kang Kuswanto, saya lebih merasa enak memanggilnya demikian. Adalah seorang pekerja disalah satu perusahaan tekstil yang mempekerjakan 1000-an pekerja, di daerah kawasan Bekasi.

Dia adalah ketua organisasi serikat pekerja di perusahaan tempat dimana ia bekerja. Sebagai aktivis serikat pekerja (Unionist), waktunya habis untuk bekerja pada perusahaan dan organisasi.

Salah satu yang menarik adalah, ditengah kesibukannya sebagai pekerja dan ketua organisasi serikat pekerja, dia mengaku rutin olahraga lari.

Ya, setiap Minggu saya rutin olahraga lari kang. Awalnya Karena, sebelumnya, beberapa tahun yang lalu, ketika saya akan donor darah, saya divonis tidak bisa oleh dokter, karena darah saya terlampau tinggi HBnya. Artinya darah saya tidak sehat dan kental. Akunya.  

Disamping itu, saya juga sering mengalami sakit kepala. Kadang pusing sebelah, kadang kepala rasanya pusing semua seperti mau pecah. Ceritanya.

nah, semenjak saya rutin melakukan olahraga lari setiap Minggu sekali, sakit kepala yang biasanya muncul hingga sekarang tidak pernah lagi datang. Bahkan saya merasa lebih sehat dan badanpun Terasa nikmat. Dan yang lebih menggembirakan lagi, saya tidak pernah ditolak lagi donor darah. Lanjutnya, serius.

Takterasa, kopi dan rokok dihadapan sayapun mulai menipis. Padahal kang Kuswanto, tak ikut serta mencicipi rokok yang berkali-kali saya sodorkan. Rupanya, dia bukanlah perokok, seperti saya.

wow, orang ini benar-benar hidup dengan pola sehat. Berbeda dengan kebanyakan anak muda kawan saya, rata-rata malas olahraga tapi suka rokok dan kecanduan pula. Aku membatin.

Cerita sekelumit tentang pola hidup sehat kang Kus diatas, paling tidak memotivasi saya untuk meninjau kembali pola hidup yang saat ini saya jalani.

Harusnya, perutku yang terus bertambah buncit dan seringnya ngantuk dijalan yang tak tertangani menjadikan motivasi diri. untuk kemudian bangkit, berolah raga lari secara rutin sebagaimana yang telah kang Kus nyata alami dan rasakan manfaatnya.

saya kira tepat menciptakan dan atau mencari momentum awalan untuk melahirkan semangat memulai hidup sehat. Penyelenggaran Event olah raga Mandiri Jakarta Maraton 2017, merupakan momentum yang tepat untuk mengawali itu. Bagaimana dengan anda, apakah masih belum beranjak untuk mulai hidup sehat dengan olahraga, minimal lari rutin ?