Mohon tunggu...
Ahmad Fatch
Ahmad Fatch Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Belajar menjadi manusia yang bermanfaat, paling tidak berbagi cerita dalam bentuk tulisan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Orang Tua Sebagai Guru Dalam Piramida Pendidikan

12 November 2022   11:17 Diperbarui: 13 November 2022   04:25 427
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Orang tua sebagai guru dalam piramida pendidikan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera buat kita semua.

Mengawali tulisan pada hari ini dengan ucapan bismillah walhamdulillah, karena masih diberikan kesempatan untuk menulis dan berjumpa melalui media Kompasiana, mudah-mudahan apa yang saya tulis dapat bermanfaat untuk kita semua khususnya saya pribadi. 

Pada kali ini saya mengambil tema "orang tua sebagai guru dalam piramida pendidikan"

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dasar setelah kebutuhan pangan, sandang dan papan. Kebutuhan pangan merupakan kebutuhan pokok yang selalu menjadi sumber kehidupan untuk seluruh makhluk yang mempunyai nyawa, teruma untuk makhluk yang bernama manusia, begitupun kebutuhan sandang atau pakaian merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk berlangsungnya kehidupan sesuai dengan tatanan nilai sopan santun dalam kehidupan di masyarakat. sedangkan Kebutuhan papan atau tempat tinggal merupakan salah satu aspek yang membuat keluarga menjadi tenang di dalam berbagai aktivitas yang ada. 

Bagaimana dengan kebutuhan pendidikan? Di dalam Islam dikatakan "Iqra" baca di dalam literatur tafsir memang dikatakan ayat ini berhubungan dengan penciptaan manusia, tetapi secara umum bisa diartikan perintah untuk membaca. Wahyu pertama diturunkan dengan bunyi "Iqra" menunjukkan atau sebagai bahan petunjuk kepada manusia, bahwa seorang manusia diharuskan atau diwajibkan agar mampu membaca seluruh ciptaan tuhan yang maha kuasa. 

Bagaimana cara agar manusia dapat membaca seluruh ciptaan tuhan yang maha kuasa? Maka jawabannya jelas manusia tersebut harus mengenyam pendidikan.

Pendidikan merupakan salah satu aspek dasar yang harus dipenuhi manusia baik berupa pendidikan formal atau non formal. Keluarga merupakan bagian terkecil dalam tatanan kehidupan. Dalam keluarga tentu mempunyai peranan dalam pendidikan baik sebagai persiapan untuk menuju pendidikan formal maupun untuk pendidikan ahklaq. Sebagian ulama dan tokoh dalam dunia pendidikan mengatakan keluarga merupakan pendidikan awal atau di dalam bahasa lain Madrosatul Ula artinya keluarga merupakan sekolah pertama untuk mempelajari segala sesuatu mengenai kehidupan dan tata aturan yang ada dalam masyarakat. 

Jika ada pertanyaan Siapa guru dari sekolah pertama atau sekolah awal? tentu tidak lain dan tidak bukan adalah orang tua. Orang tua merupakan pendidik atau guru pada piramida dasar di dalam dunia pendidikan. Orang tua mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan masa depan anak di kemudian hari. 

Jika orang tua peduli terhadap anak-anaknya, maka akan dapat mengarahkan bagaimana anak-anak untuk menjalani kehidupan dimasa depan dalam meraih cita-citanya. Orang tua juga tidak sekedar mengarahkan untuk meraih cita-cita tetapi mengajarkan aspek tatanan kehidupan seperti akhlaq dan budi pekerti agar bersikap santun kepada orang lain. 

Ketika seluruh orang tua di dunia ini, baik orang tua tersebut berada di Indonesia maupun di luar negeri, jika orang tua tersebut mengajarkan akhlak dan budi pekerti, maka yakinlah seluruh anak-anak di masa depan akan menjalani kehidupan sesuai tatanan yang berlaku dalam kehidupan di tempat tinggal masing-masing. Anak juga mempunyai penghormatan kepada sesama baik keluarga sendiri maupun orang lain, tidak membedakan tua dan muda akan memperlakukan sama, yaitu penghormatan dan sopan santun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun