Mohon tunggu...
Ahmad Fatch
Ahmad Fatch Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Belajar menjadi manusia yang bermanfaat, paling tidak berbagi cerita dalam bentuk tulisan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Aku, Kau, dan kita Semuanya Pahlawan?

9 November 2022   11:22 Diperbarui: 9 November 2022   11:35 229
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://kemensos.go.id/logo-hari-pahlawan-tahun-2022

Setiap tanggal 10 November di Indonesia selalu diperingati sebagai hari Pahlawan, mulai dari kota-kota sampai ke pelosok desa. Peringatan hari pahlawan biasanya dilaksanakan secara serentak atau bersifat nasional, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah Provinsi, pemerintah kabupaten/kota, kecamatan dan desa. Dalam memperingati hari pahlawan dilakukan upacara nasional yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden. 

Upacara Ini dilaksanakan untuk mengenang dan meneladani jasa-jasa para pahlawan Indonesia. Pada tahun ini pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) dalam memperingati hari pahlawan dengan tema "Pahlawanku Teladanku". Dengan tema ini diharapkan bahwa seluruh warga Indonesia di manapun berada, baik yang terdapat di dalam negeri maupun yang di luar negeri dapat meneladani sikap-sikap sebagai seorang pahlawan. 

Sebagai contoh pesan yang sangat fenomenal yaitu dari bapak bangsa kita sekaligus Bapak Proklamator, Presiden pertama Indonesia Yaitu Bapak Ir. Soekarno Beliau mengatakan "Berikan aku 1000 orang tua Niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, dan berikan aku 10 pemuda Niscaya akan kuguncangkan dunia" Beliau juga sering mengatakan "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya" Beliau juga berkata kembali pada pidato Hut Proklamasi 1963, Beliau mengatakan "Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka"

Perkataan-perkataan dari founding father Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini harus kita cermati bersama, bahwa Aku, Kau, dan Kita semua dapat menjadi pahlawan untuk negara kita tercinta. Kita dapat meneladani sikap-sikap para pahlawan bangsa kita secara seksama, dan berkeyakinan bahwa Kalau bukan kita siapa lagi? Kalau bukan sekarang kapan lagi?

Ungkapan-ungkapan inilah yang akan menumbuhkan sikap-sikap kepahlawanan pada diri kita, sehingga tingkah laku kita dalam keseharian dapat menjadi seorang pahlawan untuk orang lain. 

Sikap bagaimana yang dapat menumbuhkan diri kita untuk menjadi seorang pahlawan? Maka jawabannya jelas kita harus mempunyai sikap-sikap yang dimiliki oleh pahlawan tersebut.

Di bawah ini akan sedikit penulis Jelaskan tentang sebgian kecil sikap-sikap seorang pahlawan, antara lain:

  1. Berkeyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa

  2. Nasionalisme

  3. Tolong menolong

  4. Arif bijaksana

  5. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
    Lihat Humaniora Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

    Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun