Mohon tunggu...
Ahmad Fatch
Ahmad Fatch Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Belajar, merupakan kegiatan setiap manusia yang dimulai dari sejak lahir sampai meninggal, sedangkan Berbagi Ilmu, merupakan bagian dari perjuangan untuk menambah budaya membaca

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

5 Hal dalam Public Speaking

14 September 2022   05:38 Diperbarui: 14 September 2022   10:19 298 31 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bapak Akbar Zainudin, M.M, MJW dalam memberikan materi via zoom meeting.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera buat kita semua.

Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah saya masih diberikan kesempatan menulis di kompasiana.com pada hari ini, mudah-mudahan apa yang saya tulis dapat bermanfaat dan menambah informasi bagi saya pribadi khususnya dan umumnya untuk para pembaca.

Para pembaca di manapun berada mudah-mudahan anda semua selalu diberikan kesehatan dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa, serta dimudahkan dalam menjemput rizkinya masing-masing.

Setiap orang memiliki kemampuannya masing-masing, ada seseorang yang memiliki kecakapan dalam berbicara, sehingga dapat menarik perhatian bagi orang lain untuk mendengarkan.

Kemampuan seperti ini biasanya disebut dengan public speaking artinya kemampuan seseorang dalam berbicara di depan umum untuk menarik perhatian bagi orang lain.

Kemampuan public speaking ini memang spesial tetapi bukan hanya milik perorangan tetapi hampir semua orang bisa melakukannya.

Kemampuan public speaking bisa dipelajari oleh setiap orang, karena pada dasarnya setiap orang dapat mempengaruhi orang lain, tentunya dalam hal-hal yang positif atau baik.

para peserta zoom meeting
para peserta zoom meeting
Pada hari selasa malam rabu melalui forum Zoom Meeting yang diprakarsai oleh guru blogger kita yaitu OmJay dengan mengundang narasumber yang hebat yaitu Bapak Akbar Zainudin, M.M, M.J.W. Beliau merupakan penulis buku Man Jadda Wajadda, Beliau mengatakan untuk menjadi ahli dalam public speaking maka ada hal-hal yang harus dikuasai, di antaranya:

1.    Materi

2.    Strategi pembelajaran

3.    Bahasa tubuh

4.    Audiens

5.    Media Pembelajaran

Untuk lebih detailnya, mari para pembaca kita pelajari bersama-sama mudah-mudahan kita menjadi salah satu yang menguasai bidang public speaking.

1.    Menusun Materi

Baca juga: Pendamping Hidup

Seorang untuk menjadi public speaking maka harus menguasai materi yang akan disampaikan, tetapi bukan cuma sekedar menguasai materi, tetapi seorang public speaker harus mampu menyusun materi yang akan disampaikan secara baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan