Mohon tunggu...
Ahmad Fatch
Ahmad Fatch Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Belajar, merupakan kegiatan setiap manusia yang dimulai dari sejak lahir sampai meninggal, sedangkan Berbagi Ilmu, merupakan bagian dari perjuangan untuk menambah budaya membaca

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Perawatan Kendaraan Sebelum Melakukan Perjalanan

24 Agustus 2022   12:02 Diperbarui: 8 September 2022   16:21 447 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam sejahtera buat kita semua

Dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang masih memberikan Kesehatan kepada kita semua, Sholawat salam teruntuk beliau yang mulia Nabi Muhammad SAW, Alhamdulillah saya bersyukur masih diberikan kesempatan untuk menulis di kompasiana.com mudah-mudahan masih bisa berlanjut untuk selalu menulis dikemudian hari

Para pembaca yang Budiman dimanapun anda berada, saya tidak bosan untuk selalu mengingatkan kita semua, bagi para pembaca yang belum menjalankan ibadah dipersilahkan untuk menjalankan ibadah terlebih dahulu, jangan sampai kita melupakan kewajiban kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena sesungguhnya diciptakannya kita sebagai manusia yaitu untuk beribadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa

Di kesempatan ini saya menulis tentang Perawatan Kendaraan Sebelum Melakukan Perjalanan, mudah-mudahan tulisan hari ini bisa bermanfaat untuk para pembaca dan saya sendiri, sebuah kendaraan merupakan bagian daripada kehidupan kita, di manapun kita berada, baik untuk bekerja, untuk bersilaturahim dengan sanak saudara mau pun untuk keperluan yang lain. Sudah Selayaknya kendaraan kita harus dirawat dengan baik dan benar. kali ini kami berusaha menjelaskan tahapan-tahapan dalam merawat kendaraan sebelum melakukan perjalanan, para pembaca semuanya yang insya Allah selalu dalam keadaan sehat selalu, sebelum kita melaksanakan perawatan kendaraan kita, terlebih dahulu kita harus mengenali kendaraan yang akan kita gunakan dengan baik, terkadang walaupun kita setiap hari menggunakan kendaraan akan tetapi ada juga orang yang belum kenal tipe kendaraan yang kita gunakan. Untuk kendaraan roda 4 maka perlu beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain :

Dok. pribadi
Dok. pribadi
  • Setelah kita tahu tipe kendaraan kita maka langkah yang harus kita lakukan yaitu kapan terakhir penggantian oli atau sudah berapa KM penggunaan kendaraan setelah pergantian Oli. Karena oli merupakan hal pokok dalam sistem pelumasan kendaraan kita, supaya performa mesin kendaraan kita lebih baik.
    Dok. pribadi
    Dok. pribadi
  • Selanjutnya kita harus memperhatikan aksesoris kendaraan kita sebelum berangkat, dalam hal ini yang harus diperhatikan adalah sistem penerangan, tanda peringatan, wiper dan AC. Sistem penerangan sangat penting ketika kita berkendara di malam hari, karena dengan adanya penerangan dari kendaraan, kita dapat melihat jalan yang akan kita lalui, sebelum melakukan perjalanan kita cek terlebih dahulu lampu-lampu yang ada pada kendaraan kita, seperti pengecekan lampu kepala yaitu lampu dekat, lampu jauh dan lampu dim. Selanjutnya lampu yang perlu di cek yaitu lampu stop atau lampu bagian belakang kendaraan. 
    Dok. Pribadi
    Dok. Pribadi
  • Lampu berikutnya yang perlu dicek adalah lampu tanda peringatan yaitu lampu sein atau lampu tanda belok supaya ketika kita akan berbelok kita lebih aman, berikutnya lampu rem perlu dilakukan pengecekan, dan lampu tanda peringatan yang terakhir adalah lampu hazard. Setelah pengecekan lampu-lampu, pengecekan selanjutnya yaitu wiper, wiper perlu kita cek apakah bekerja dengan baik atau tidak, karena ketika kita melakukan perjalanan dan terjadi hujan maka pandangan kita akan terbatas, untuk itu perlu kita hidupkan wiper sebagai pembersih kaca depan, agar dapat melihat dengan jelas kembali jalan didepan kita. Tahap akhir pengecekan aksesoris pada kendaraan yaitu pengecekan AC atau pendingin ruangan agar perjalanan kita lebih nyaman.
    Dok. pribadi
    Dok. pribadi
    Dok. pribadi
    Dok. pribadi
  • Setelah kita melakukan pengecekan pada aksesoris kita buka kap mobil untuk melakukan pemeriksaan minyak rem, oli mesin, air pendingin, dan air wiper. Hal ini harus dilakukan setiap kita akan berangkat melakukan perjalanan karena pengecekan minyak rem ini berfungsi untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, sebab jika minyak remnya kurang atau kosong, maka akan menyebabkan rem tidak berfungsi dengan maksimal. Bahkan dapat menyebabkan rem mengalami blong. Maka harus sesuai takarannya antara low level dan full level. selanjutnya adalah pengecekan oli mesin, oli mesin perlu kita cek kondisi level full atau level low. Agar performa mesin menjadi maksimal. Yang perlu diperhatikan lagi adalah level air pendingin, hal ini sangat berpengaruh pada performa mesin, jangan sampai mesin menjadi over heat karena air pendingin yang kurang, karena tidak dilakukan pengecekan pada reser voir tank. Pengecekan terakhir yaitu kondisi air wiper tujuannya agar sewaktu-waktu ada kotoran atau ada debu yang menempel pada kaca segera dapat dibersihkan.
    Dok. pribadi
    Dok. pribadi
  • Pengecekan terakhir yaitu pengecekan tekanan ban kendaraan. Pengecekan tekanan ban sangat penting untuk dilakukan setiap akan melakukan perjalanan, karena dengan kondisi ban sesuai standar, maka membuat kinerja mesin menjadi efisien, tetapi jika tekanan ban tidak maksimal maka bisa menyebabkan hal-hal yang tidak kita inginkan.

Demikian langkah-langkah atau tahapan dalam memeriksa atau merawat kendaraan sebelum melakukan perjalanan. Kurang lebihnya mohon maaf, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih. Kalau ini merupakan hal yang positif maka sebaiknya kita lakukan setiap akan melaksanakan perjalanan, tetapi jika ini hal yang negatif sebaiknya tidak perlu dilakukan.

Terima kasih para pembaca yang budiman mudah-mudahan para pembaca selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa dan diberikan kesehatan serta dimudahkan dalam menjemput rizkinya masing-masing. 

Qoute hari ini #Tuliskan apa yang kamu pikirkan dan Menulislah  selagi ada kesempatan#

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhS, alam sejahtera buat kita semua

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan