Mohon tunggu...
Ahmad Faris
Ahmad Faris Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Jember

TTL : Sampang, 25 Januari 2000

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Ibu Kota Pindah, Bagaimana Nasib Perekonomian Selanjutnya?

12 September 2019   20:41 Diperbarui: 13 September 2019   12:32 0 0 0 Mohon Tunggu...

Ibukota merupakan representatif dari suatu negara,  karena ibukota dinilai mampu menggambarkan kondisi dari suatu negara tersebut baik dari segi ekonomi, sosbud, dan politik. 

Tentunya hal tersebut mempertegas bahwa dalam penentapan dan penentuan ibukota sendiri tidak serta-merta hanya melihat dari segi fisiknya saja, namun juga memperhatikan dari segi non fisik seperti keadaan sosial budaya masyarakatnya, sehingga ibukota tersebut akan menjadi tolak ukur dalam bagaimana kondisi negara tersebut. 

Melalui hal keterkaitan tersebut maka negara akan memprioritaska segala pengembangan sarana prasarana penunjang kegiatan yang ada di ibukota tersebut untuk menciptakan persepsi yang baik bagi masyarakat internasional tentang keadaan di negara tersebut.

Jakarta merupakan ibukota dari Negara Republik Indonesia yang bilamana di runtut sejarahnya sangat jelas bahwa Jakarta yang dulunya bernama Batavia merupakan daerah yang kondisi fisik maupun non fisik sangat beragam dan mampu meng-generate seluruh wilayah NKRI, sehingga dijadikanlah Batavia sebagai ibukota dari Negara Republik Indonesia.

Apakah ibukota bisa dipindah?

Sangat lah bisa namun harus ada dasar dilakukan pemindahan tersebut. Jika berbicara terkait pemindahan sesuatu harusnya mengetahui terlebih dahulu runtutan prosesnya yaitu mengapa dilakukan pemindahan dan bagaimana dampaknya setalah dipindah. Dikaitakan dengan isu pemindahan ibukota ke Pulau Kalimantan yang sekarang lagi trend di Indonesia seharusnya mampu menjabarkan alasan ibukota dipindah dan dampak setelah dipindah. 

Asumsi yang seringkali publik dengar adalah Jakarta sudah tidak mampu untuk menampung dwifungsi kegiatan yaitu kegiatan pemerintahan dan bisnis, sehingga harus dipindahkan salah satu kegiatan tersebut melihat Jakarta yang menjadi kota terbesar di Indonesia dengan tingkat perekonomian tertinggi maka kegiatan pemerintahan yang memungkinkan untuk dipindah. 

Sejatinya pemerintah dalam rencana pemindahan ibukota ini sudah memiliki berbagi macam alasan baik dari segi ekonomi, geografi, dan lingkungan, salah satu alasan dari segi ekonomi dan geografi yaitu terkait pemerataan perekonomian di seluruh wilayah Indonesia mengingat letak geografis Pulau Kalimantan berada di tengah dari seluruh wilayah Indonesia, sehingga hal ini dinilai akan sangat mudah ibukota untuk meng-generate seluruh wilayah di Indonesia. 

Selain hal tersebut letak Pulau Kalimantan sendiri minim akan terjadinya bencana, pertimbangan tersebut merupakan alasan jika dilihat dari segi geografis. Alasan dari segi lingkungan untuk pemindahan ibukota sendiri melihat kondisi sekarang bagaimana kualitas udara, kemacetan, banjir, dan permasalahan lainnya, tentunya hal tersebut juga dijadikan pertimbangan pemerintah merencanakan pemindahan ibukota sendiri.

Bagaimana nasib perekonomian selanjutnya?

Dampak setelah pemindahan ibukota di Indonesia sendiri jika dilihat dari sektor perekonomian memiliki dampak positif maupun negatif. Dampak positif dari rencana ini adalah semakin meningkatnya pertumbuhan ekonomi terhadap calon lokasi ibukota yang baru. Peningkatan pertumbuhan tersebut mengingat pemindahan ibukota ini banyak menarik investor untuk ikut serta dalam rencana ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x