Mohon tunggu...
KKN IC POSKO 02
KKN IC POSKO 02 Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN IC institut agama Islam al-qodiri Jember

TIDAK NASAB ILMUPUN JADI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bersih-bersih Bersama di SMP Terbuka Darussalam Pakis Panti Jember, KKN IC Posko 02 Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember

22 Agustus 2022   21:29 Diperbarui: 22 Agustus 2022   21:33 63 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jember, 21 Agustus 2022
Kebersihan adalah upaya manusia untuk memelihara lingkungannya dari berbagai sampah dalam rangka mewujudkan kehidupan yang sehat dan nyaman. Menjaga kebersihan rumah maupun kantor berarti juga menjaga keimanan kita kepada Tuhan, karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. Ada pepatah yang mengatakan "kebersihan adalah pangkal kesehatan". Artinya kebersihan itu berpengaruh terhadap kesehatan. Begitu pentingnya kebersihan sehingga Rasulullah saw mengingatkan bahwa kebersihan merupakan bagian dari iman. Artinya orang yang mengaku beriman wajib selalu menjaga kebersihan mulai dari diri sendiri dan lingkungan sekelilingnya.

kebersihan dalam Islam ternyata mengaitkannya dengan derajat keimanan seorang muslim. Salah satu hadits kebersihan juga mengatakan bersuci merupakan bagian dari syarat sah sholat.
Sebab itu, pelajar juga perlu memahami bentuk-bentuk kebersihan seperti apa yang diajarkan dalam Islam. Jadi, para pelajar tetap bisa menjaga kebersihan meskipun berada di sekolah atau di ruang kelas.
Dikutip dari dikutip dari Kitab Ihya' Ulumiddin karya Imam Al Ghazali, Nabi SAW menjadikan kebersihan separuh dari keimanan. Beliau bersabda,

Artinya: "Kesucian itu adalah setengah dari iman." (HR Muslim).

Pada hari Minggu jam 07.30 kegiatan posko 02 yaitu bersih-bersih di SMP TERBUKA DARUSSALAM melihat ruangan kelas dan halaman sekolah kurang sempurna atau bagus di lakukan belajar mengajar disaat kotor dan kurang bersih karena ketika dilakukan proses belajar membuat guru dan siswa tidak nyaman dengan ruangan yang kurang bersih dan juga membuat terganggu ketika pembelajaran berlangsung.
Di ruang kelas bukan tidak ada yang piket atau dibersihkan, setiap hari dibersihkan teman-teman KKN POSKO 02 hanya membuat lebih bersih dan lebih nyaman ketika digunakan belajar. Mulai dari membersihkan kelas, jendela, bangku, meja, menata buku dan merapikan tatanan buku dan bangku, tidak lupa juga yaitu membersihkan halaman sekolah yang terdapat banyak rumput.
Kegiatan bersih-bersih ini dilakukan yaitu 1 Minggu 1 kali tidak hanya mahasiswa KKN melainkan siswa dan siswi smp Darussalam juga ikut membersihkan bersama. Dengan tujuan untuk meningkatkan kekompakan dan kebersamaan dalam kebersihan.

#lp2m institut agama Islam al-qodiri Jember 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan