Mohon tunggu...
Ahmad Fada Prasetya
Ahmad Fada Prasetya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA - UNEJ

Hobi berolahraga terutama olahraga bola futsal dan mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Kompleks GOR Sidoarjo

6 September 2022   06:53 Diperbarui: 6 September 2022   06:57 467 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sidoarjo memiliki tempat atau sarana bagi warga Sidoarjo untuk dapat berolahraga dan menjaga kebugaran tubuhnya yaitu kompleks GOR Serbaguna Delta Sidoarjo. GOR merupakan singkatan dari Gelanggang Olahraga yang merupakan tempat yang biasanya dikhususkan untuk melakukan berbagai kegiatan berolahraga. 

Tidak hanya satu macam olahraga saja yang dapat dilakukan, namun gelanggang olahraga ini biasanya digunakan untuk berbagai macam olahraga seperti, futsal, voli, badminton, dan basket, oleh karena itu tempat ini biasanya disebut juga dengan GOR Serbaguna. 

Saat ini, GOR Serbaguna tidak hanya dipakai untuk kegiatan olahraga saja namun juga bisa disewakan untuk acara musik, pensi sekolah, dan juga acara-acara lainnya. Salah satu yang dikenal banyak orang di area kompek GOR Sidoarjo ini yaitu stadion sepakbola Gelora Delta Sidoarjo.

Gelora Delta Sidoarjo ini diresmikan oleh Presiden BJ Habibie pada 9 September 1998 bertepatan dengan HAORNAS XV. Gelora Delta Sidoarjo ini dibangun untuk penyelenggaraan PON XV Jawa Timur. Kompleks GOR Sidoarjo ini didirikan oleh bupati Sidoarjo di jaman Pak Sugondo. 

Nama "DELTA" diambil karena letak Sidoarjo yang dikelilingi oleh 2 sungai besar pecahan dari sungai berantas yaitu sungai mas dan sungai porong. Stadion ini berkapasitas 35.000 penonton dan sekarang menjadi kandang dari klub liga 2 Deltras Sidoarjo. 

Sebenarnya bukan stadion sepakbola yang pertama dibangun di kompleks GOR Sidoarjo ini tetapi diawali dengan membangun kolam renang dan dilanjutkan dengan membangun lapangan tenis pada tahun 1986, selanjutnya dibangun gedung serbaguna di tahun 1987, kemudian stadion sepakbola pada tahun 1998. 

Di stadion Gelora Delta Sidoarjo ini sudah banyak menyelenggarakan acara olahraga baik nasional maupun internasional. Berikut adalah event besar yang pernah digelar di Gelora Delta Sidoarjo menurut wikipedia :

-Pekan Olahraga Nasional XV

-Final Piala Indonesia tahun 2006

-Pembukaan Piala Indonesia tahun 2007

-Quarter Final Divisi Utama Liga Indonesia tahun

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan