Mohon tunggu...
Ahmad AufalMarom
Ahmad AufalMarom Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Ahmad Aufal Marom Perbankan Syariah Gapapa pusing yang penting bisa bernafas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Demokrasi sebagai Sistem Pemerintahan Indonesia

17 November 2022   13:57 Diperbarui: 17 November 2022   14:05 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bicara Demokrasi sudah banyak diketahui bahwasanya demokrasi adalah suatu proses dan sejarah perkembangan bangsa indonesia untuk mencapai suatu negara yang berdemokrasi. Dimana dalam sejarahnya sudah dijelaskan bahwa proses untuk mencapai hal ini tidak lah mudah melainkan harus dengan perjuangan yang sangatlah berat dan memakan banyak waktu. 

Indonesia sendiri memilih demokrasi sebagai sistem pemerintahan yang bakal dijalani sampai kapanpun. Sistem pemerintahan ini dipilih atau digunakan sudah melewati berbagai pertimbangan yang matang yang dilakukan oleh petinggi indonesia terdahulu.

Dengan dipilihnya demokrasi sebagai sistem pemerintahan juga memberikan suatu pengertian bahwasanya di indonesia memberika suatu kebebasan bagi rakyatnya untuk bebas mengeluarkan pendapat mereka yang ditujukan kepada pemerintah. Karena dengan kebebasan berpendapat ini dapat digunakan sebagai suatu acuan pemerintah untuk mengevaluasi setiap sudut atau sisi pemerintahan yang dijalankan selain itu juga sebagai koreksi pemerintah agar pemerintahan yang dijalankan akan mengalami peningkatan dikemudian hari.

Adapun tujuan dari demokrasi sendiri adalah yang utama adalah untuk dan agar menciptakan masyarakat dengan kehidupan yang aman , tentram dan damai. Dimana dengan adanya demokrasi ini membuat masyarakat dapat bebas untuk berpendapat dan mengeluarkan suara mereka perihal kondisi pemerintahan kala ini. Selain itu dengan adanya demokrasi dapat membuat kondisi masyarakat menjadi tertib karena dalam sistem ini masyarakat mendapatkan hak - hak sebagai warga negara dan juga menggunakan atau mengedepankan suatu musyawarah untuk memecahkan suatu masalah yang terjadi dilingkungan masyarakat. 

Selain itu dengan adanya demokrasi ini secara tidak langsung membuat masyarakat menjadi aktif dalam proses pemerintahan. Karena di demokrasi ini bisa dikatakan masyarakat turut andil dalam setiap proses pemerintahan yaitu dengan dimulai adanya suatu pemilihan umum untuk memilih pemerintah yang diinginkan oleh masyarakat dan juga ikut dalam memberikan apresiasi diruang lingkup publik. Karena dengan adanya peram masyarakat dalam proses berjalannya suatu pemerintahan dapat dikatakan atau dapat membuat setiap warga memiliki tanggung jawab pada dirinya sebagai warga negara demi menjaga keutuhan negara.

Demokrasi ini juga selain mempunyai tujuan yang sudah dijelaskan di atas juga memiliki prinsip - prinsip yang bisa dikatakan penting bagi suatu negara yang menganut sistem demokrasi dalam sistem pemerintahannya salah satunya adalah negara yang berdasarkan konstitusi dimana konstitusi disini diberi pengertian sebagai suatu undang - undang yang berlaku dalam suatu negata tersebut yang menjadi aturan baku dan tetap tidak diubah ubah. Karena dengan ini dapat digunakan untuk membatasi pemerintah dan sebagai cara untuk menjamin hak - hak rakyat yang sudah semestinya didapatkan oleh setiap warga negara. 

Selain itu adanya suatu hak yang yang harus dijamin diberikan bagi suatu warga juga menjadi suatu prinsip yang dimiliki oleh negara yang menganut sistem demokrasi yaitu jaminan ham atau hak asasi manusia dimana hak ini didapatkan oleh mereka sejak lahir sebagai makhluk ciptaan tuhan yang maha esa. 

Hak asasi disini didalamnya mencakup kebebasan bagi mereka untuk melakukan suatu tindakan yang masih dalam batas wajarnya salah satunya adalah kebebasan untuk memeluk agama dimana setiap warga negara diberi kebebasan untuk memeluk agama karena sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah kita bahwasanya diwajibkan bagi warga negara untuk memilih satu agama yang bakal dianutnya dan juga tidak diberi seruan untuk memilih agama yang ditetapakan di indonesia namun semuanya diserahkan kembali kepada warga negara untuk memilih dengan sendiri agama yang di inginkan untuk dianut oleh mereka.

Adapun dalam praktiknya di indonesia demokrasi sendiri sudah banyak mengalami banyak perubahan. Perubahan - perubahan tersebut terjadi dikarenakan adanya beberapa evaluasi yang diinginkan pemerintah untuk menjadi yang lebih baik diantara sistem demokrasi yang pernah dijalankan oleh pemerintah indonesa diantaranya mulai dari demokrasi parlementer , demokrasi terpimpin , demokrasi pancasila dan reformasi yang masih berjalan sampai sekarang. 

Mengapa demikian karena disetiap demokrasi diatas memiliki konsep dan cara tersendiri untuk menjalankan sistem pemerintahannya yang pertama pada demokrasi parlementer.

Demokrasi ini terjadi pada era soekarno yang di mulai sejak indonesia merdeka sampai tahun ke-59. Demokrasi meletakkan fundamental pada pemerintahan namun demokrasi ini tidak berlangsung lama mengapa hanya sampai pada tahun karena semua orang menganggap demokrasi tidak cocok diterapkan di negara indonesia karena masyarakat indonesia yang dianggap lemah dengan demokrasi barat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun