Mohon tunggu...
Ahmad AufalMarom
Ahmad AufalMarom Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Ahmad Aufal Marom Perbankan Syariah Gapapa pusing yang penting bisa bernafas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Keseteraan Agama Islam dan Ideologi Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

25 September 2022   01:59 Diperbarui: 25 September 2022   02:08 91 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di Indonesia mewajibkan seluruh masyarakatnya untuk memeluk agama. Seperti yang diketahui jumlah penduduk indonesia mencapai 

Dan dari semua warga tersebut diwajibkan memeluk agama di indonesia yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, meliputi Islam, Kristen, Budha, Hindu, Katholik 

Dimana semua penduduk diwajibkan untuk memilih dan memeluk salah satu dari agama diatas.

Kita disini akan membahas tentang islam. Islam sendiri memiliki pengertian yaitu salah agama terbesar dan terbanyak pemeluknya di dunia dan menjadi agama dengan pemeluk terbanyak di indonesia dan menjadikan indonesia sebagai pemeluk agama islam terbanyak di indonesia yang mengalahkan negara arab saudi yang mayoritas lingkungan warganya adalah beragama islam karena dinegara arab saudi tepatnya di kota Makkah dan Madinah menjadi tempat berlangsungnya salah satu rukun islam yang kelima yaitu ibadah haji yang tiap tahunnya bisa mencapai jutaan orang yang pergi ke dua kota tersebut untuk melaksanakan ibadah tersebut. 

Namun seperti yang kita tahun dengan adanya pandemi beberapa tahun kebelakangan ini membuat banyak kegiatan tahun dibeberapa negara tersendak dan terhenti. Salah satunya negara arab saudi yang dengan mau tidak mau membuat dan membatasi ibadah haji untuk negara lain hal ini dikarenakan menjaga dan mengurangi jumlah korban yang terpapar covid 19. 

Namun kabar baik untuk tahun ini bahwasanya arab saudi sudah mulai membuka kuota haji bagi beberapa negara dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Dan salah satu negara yang mendapat kuota adalah indonesia walaupun tidak sebanyak tahun- tahun sebelum pandemi namun dengan dibukanya lagi ibadah haji dapat membuat warga bisa menyempurnakan rukun islamnya yang kelima yaitu ibadah haji.

Namun selain dengan wajib untuk warganya memeluk agama di indonesia juga mewajibkan warganya untuk sesuai dengan ideologi indonesia yang pancasila.

Pancasila sendiri merupakan pedoman kehidupan masyarakat indonesia untuk berperilaku sehari hari. Dimana seluruh perilaku warga indonesia harus sesuai dengan norma dan kaidah pancasila.

Sedangkan pancasila sebagai ideologi memiliki pengertian yaitu sebagai pemersatu bangsa dan warga untuk mencapai cita - cita yang mereka inginkan dan dambakan. 

Yang memiliki peran bagi warga indonesia yaitu sebagai bimbingan bagi warga indonesia untuk mengatur dalam berperilau sehari hari karena di indonesia mengenal sistem HAM atau hak asasi manusia.

Dimana setiap warga indonesia memiliki hak dan kewajiban. Dan hak untuk mereka pun diseterakan oleh negara indonesia tanpa memandang bulu seperti hak untuk hidup baik dalam hal ekonomi maupun kesehatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan