Mohon tunggu...
Ahmad Aqib
Ahmad Aqib Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Hukum

Salus Populi Suprema Lex

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN Undip Bantu Optimalkan Pendidikan di Indonesia

1 Agustus 2021   13:44 Diperbarui: 1 Agustus 2021   13:48 26 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Bantu Optimalkan Pendidikan di Indonesia
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bekasi, (30/07/2021) -- Pandemi COVID-19 telah menyebar lebih dari satu tahun di Indonesia. Namun, hingga saat ini Pemerintah masih terus mengupayakan untuk menghentikan penyebaran virus ini. 

Pandemi ini memberikan dampak yang begitu besar bagi kehidupan masyarakat, hampir seluruh sektor kehidupan terdampak oleh pandemi COVID-19. Tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat juga harus bekerja sama dengan pemerintah untuk menghentikan penyebaran dan penularan virus ini.

Salah satu sektor kehidupan yang mengalami dampak yang begitu besar adalah pendidikan. Sejak masuknya COVID-19 ke Indonesia, pemerintah mengeluarkan beberapa kali kebijakan mengenai pembatasan kegiatan masyarakat termasuk sekolah. Para siswa yang biasanya mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah, dikarenakan adanya kebijakan pemerintah dalam rangka mencegah penularan COVID-19 harus memaksa mereka belajar secara dari dari rumah atau biasa disebut juga pembeljaran jarak jauh. Perubahan metode pembalajaran dari tatap muka menjadi daring tentu saja membuat murid bahkan guru di sekolah tidak terbiasa. Pada masa-masa awal diberlakukannya pebelajaran jarak jauh, murid maupun guru sangat kesulitan untuk menerapkan metode belajar tersebut, pasalnya para guru banyak yang tidak terbiasa menggunakan komputer maupun internet dalam mengajar, begitu pula dengan para siswa. Tidak hanya sampai di sana, siswa yang sebelumnya bertemu dengan teman-temannya menjadi tidak dapat bertemu untuk waktu yang tidak menentu, hal ini menyebabkan para siswa menjadi bosan dan kehilangan semangat belajarnya.

Para siswa tidak bisa diawasi langsung oleh gurunya selama sekolah daring. Ketika kegiatan belajar mengajar mengajar berlangsung, tidak sedikit siswa yang mengabaikan materi yang sedang dijelaskan oleh gurunya. Kegiatan belajar mengajar yang kurang optimal ini mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi-materi tersebut. Pada saat ujian para siswa akhirnya lebih memilih bekerja sama dengan teman sekelasnya atau mencari jawaban di internet. Tentu saja ini bukanlah perbuatan yang terpuji.

Melihat kondisi yang seperti itu, mahasiswa KKN UNDIP berinisiatif untuk mengajarkan metode belajar yang cukup efektif yang dapat diterapkan oleh para peserta didik di lingkungan RT 01 RW 08, Desa Lambangjaya, Kabupaten Bekasi. Kegiatan ini dilakukan dengan cara presentasi secara daring kepada para perserta didik di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Adapun materi yang diberikan adalah metode-metode yang dapat dilakukan sekaligus meberian edukasi kepada para siswa akan pentingnya menghormati guru dan bersikap jujur sejak dini. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2021. Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, diharapkan para siswa dapat menyadari akan pentingnya pendidikan bagi mereka dan mengetahui metode-metode belajar yang dapat menunjang sekolah kegiatan belajar mengajar mereka baik dalam kondisi online ataupun tatap muka.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x