Mohon tunggu...
Ahmad Aunullah
Ahmad Aunullah Mohon Tunggu... Konsultan - Pelaku Wisata

Pelaku wisata yang tidak suka berada indoor terlalu lama. Berkantor di Lombok, bertempat tinggal kebanyakaan di laut.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Water Aerodrome untuk Dukung Pariwisata Indonesia

13 September 2021   06:54 Diperbarui: 13 September 2021   07:17 119 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Pesawat Apung (foto : THE JD Darshan Solanki/pexels.com)

Kita sudah terbiasa mendengar tentang pesawat bisa mendarat dan lepas landas di air namun belum umum terdengar adanya water aerodrome di Indonesia.

Indonesia tidak hanya pulau-pulau utama saja melainkan pulau-pulau kecil dan sedang terpencar di berbagai bagian Indonesia yang memiliki potensi wisata sangat menjanjikan terutama wisata bahari.

Kendala transportasi sebagai akses menuju ke pulau-pulau tersebut membuat laju perkembangan wisata tidak secepat di pulau utama yang umumnya memiliki bandara.

Satu-satunya moda transportasi yang tersedia hanya lewat laut seperti kapal speedboat, pinisi dan lainnya yang membutuhkan waktu tempuh yang tidak singkat dibanding lewat udara.

Pesawat amfibi memang bisa diterbangkan kesana namun bagaimana jika pesawat tersebut memerlukan perbaikkan atau lainnya yang membutuhkan fasilitas yang tidak tersedia di pulau-pulau tujuan mereka?

Untuk dapat pesawat amfibi beroperasi dengan lancar serta memberikan kenyamanan wisatawan dan tingkat keamanan dan keselamatan yang tinggi maka dibutuhkan sebuah tempat layaknya bandara di perairan sekitar pulau tersebut.

Tempat tersebut bernama water aerodrome yaitu lapangan terbang di air yang dapat mengakomodasi pengoperasian pesawat amfibi di sebuah pulau dimana pengertian dari aerodrome adalah sebuah tempat yang berfungsi sebagai tempat pergerakan atau pengoperasian pesawat.


Beberapa negara didunia yang memiliki pulau-pulau terpisah dari pulau utamanya seperti India dan Kanada sudah gencar membangun water aerodrome ini untuk mendukung pariwisata mereka.

Selain itu pula layaknya pengoperasian pesawat terbang lainnya, lalu lintas penerbangan dengan pesawat amfibi akan membawa dampak ekonomi pula kepada masyarakat sekitar seperti lebih singkatnya waktu untuk pengangkutan barang kebutuhan dan lainnya.

Konektivitas antar pulau utama dengan non utama bisa meningkat baik untuk transportasi orang dan barang serta bila ada pulau yang memiliki potensi wisata yang menjanjikan, hal ini akan mempemudah akses nya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Transportasi Selengkapnya
Lihat Transportasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan