Mohon tunggu...
Ahmad Aunullah
Ahmad Aunullah Mohon Tunggu... Konsultan - Pelaku Wisata

Pelaku wisata yang tidak suka berada indoor terlalu lama. Berkantor di Lombok, bertempat tinggal kebanyakaan di laut.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Artikel Utama

Tantangan Masa Datang bagi Industri Aviasi

9 September 2021   06:55 Diperbarui: 9 September 2021   10:35 300 11 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi- Suasana Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.| Sumber: KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO

Industri aviasi khususnya aviasi sipil komersial dan private telah menjadi penggerak perekonoman dunia dalam beberapa dekade terakhir ini.

Industri aviasi menciptakan konektivitas antar bangsa dengan tidak saja melalui penerbangan komersial kepada orang saja namun juga berupa kargo yang membuat pergerakan laju perekonomian dunia menjadi lebih cepat dan tersebar dengan perdagangan antar bangsa.

Sebagai industri yang besar pula, industri aviasi dalam perkembangannya tidak luput dari goncangan-goncangan atau turbelensi yang diakibatkan oleh banyak hal pula seperti serangan teroris, keadaan ekonomi serta kesehatan (wabah).

Kejadian 9/11 telah membuat industri aviasi berusha keras untuk meyakinkan pengguna transportasi udara akan keamanan penerbangan dengan mengeluarkan dana yang tidak kecil seperti pengetatan pemeriksaan di bandara.

Krisis keuangan dunia pada tahun 2008 juga sempat mengganggu industri aviasi khususnya aviasi sipil komersial.

Wabah dalam kesehatan juga beberapa kali membawa turbelensi kepada industri aviasi yaitu wabah SARS di Asia Timur serta Kanada pada tahun 2002 dan 2003 serta wabah Avian Flu beberapa tahun kemudian dan tahun 2013.

Akan tetapi industri aviasi selalu berhasil melewati turbelensi-turbelensi walau membutuhkan waktu dan investasi yang tidak kecil pula dari sektor maskapai dan sektor bandara.

Pandemi Covid-19 memang menjadi salah satu turbelensi di industri aviasi namun tercatat sebagai yang terburuk dan terlama dalam sejarah dunia aviasi sipil konersial.

Pada acara Arab Aviation Summit 2021 beberapa waktu yang lalu, pihak IATA menyebutkan industri aviasi mengalami kerugian sebesar 84,3 milyar dollar pada tahun 2020

Foto: Markus Winkler on Pixabay.com
Foto: Markus Winkler on Pixabay.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Transportasi Selengkapnya
Lihat Transportasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan