Mohon tunggu...
Ahmad Aunullah
Ahmad Aunullah Mohon Tunggu... Pelaku Wisata

Pelaku wisata yang tidak suka berada indoor terlalu lama. Berkantor di Lombok, bertempat tinggal kebanyakaan di laut.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Harapan dari Pagelaran MotoGP di Lombok untuk Pariwisata NTB

20 Mei 2021   02:55 Diperbarui: 20 Mei 2021   03:53 104 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Harapan dari Pagelaran MotoGP di Lombok untuk Pariwisata NTB
Foto : Kompas.com/ M. Hafidz imaduddin)

Ajang balap motor kelas dunia paling bergengsi akan diadakan di tanah Indonesia nanti pada tahun 2022 tepatnya di Kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Hal ini tidak saja menempatkan Indonesia di kancah dunia sebagai salah Negara di dunia yang menjadi penyelenggara acara paling bergengsi ini namun juga kesempatan Indonesia khususnya Lombok untuk menjadi tuan rumah bagi para peserta, penggemar motoGP yang menyaksikan langsung, para sponsor dan lainnya dan utamanya untuk mempromosikan pariwisatanya.

Dahulu ada kepanjangan dari NTB yang sudah sering terdengar dimana adanya gambaran bahwa semua wisatawan yang datang ke Lombok adalah wisatawan yang sudah dulu mengunjungi Bali.

Namun kepanjangan tersebut memang sudah tidak berlaku lagi terlebih dengan pengembangan wisata di 3 Gili di utara Lombok yang begitu pesat dan mampu menjadi destinasi utama bagi wisatawan khusunya dari kalangan muda.

Lombok sudah lama menjadi salah satu destinasi wisata utama pilihan para wisatawan baik itu domestik maupun mancanegara dan dengan dibangunnya sirkuit MotoGP ini akan menjadi ajang bagi Lombok naik kelas.

Bagi penulis yang pernah tinggal di Lombok dan Sumbawa sama sekali tidak pernah punya keraguan akan keindahan alam Lombok dan Sumbawa.

Mulai dari Sekotong di Selatan Lombok, Taman Bumi Rinjani di Lombok Tengah dan Timur serta 3 Gili di Utara, Pink Beach di Lombok Timur, Pulau Kenawa dan Sekongkang di Sumbawa Barat, hingga Pulau Moyo di Sumbawa dan Pulau Satonda serta Sape di Bima, semua sangat berpotensi menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Beberapa teman dari  penulis di Sumbawa juga  mengatakan bahwa penataan destinasi wisata di Sumbawa sudah dilakukan dalam mempersiapkan kedatangan dari komunitas motoGP ini dan hal ini jelas patut mendapatkan angkatan topi dan apresiasi.

Pagelaran kelas dunia paling bergengsi dalam balap motor akan menjadi kesempatan emas bagi Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk naik kelas dalam mempromosikan pariwisatanya.

Peningkatan bukan dalam hal banyaknya jumlah wisatawan yang datang ketika balap motor berlangsung namun lebih kepada pelayanan wisatanya.

Hal ini karena Provinsi Nusa Tenggara Barat tidak hanya meliputi Lombok saja namun juga ada Sumbawa yang menawarkan keindahan alam yang tidak kalah menariknya dengan daerah lain di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN