Mohon tunggu...
Ahmad Aunullah
Ahmad Aunullah Mohon Tunggu... Pelaku Wisata

Pelaku wisata yang tidak suka berada indoor terlalu lama. Berkantor di Lombok, bertempat tinggal kebanyakaan di laut.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Menjadikan Lombok Sebagai Hub Wisata

7 April 2021   22:37 Diperbarui: 7 April 2021   22:52 122 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjadikan Lombok Sebagai Hub Wisata
Dok Pribadi

Kata Hub biasanya terdengar pada dunia maskapai dimana hub dijadikan pengumpul para penumpang maskapai yang ingin terbang ke berbagai destinasi yang ada pada jaringan penerbangan sebuah maskapai.

Pada dunia pariwisata, hub wisata tidak hanya sebagai pengumpul wisatawan saja namun sebagai penyedia akses khususnya laut dan udara ke berbagai destinasi wisata di daerah lain.

Pulau Lombok sebagai Pulau terbesar di Propinsi Nusa Tenggara Barat memiliki posisi yang strategis dalam mengumpulkan para wisatawan yang ingin menuju ke berbagai destinasi wisata di Indonesia Tengah dan Timur.

Letak geografis nya yang berada di tengah kepulauan Indonesia bisa menciptakan jaringan wisata yang sangat luas terutama dalam penyediaan transportasi laut dan udara.

Para wisatawan yang berada di Sulawesi dan Kalimantan bisa menuju ke Lombok yang jaraknya tidak terlalu jauh sebelum melanjutkan perjalanan ke Indonesia Bagian Tengah dan Timur seperti Labuan Bajo dan Raja Ampat misalnya.

Pada wisata bahari, Lombok berada pada Kepualaun Sunda Kecil yang tidak hanya merupakan jalur pelayaran wisata para kapal pinisi namun juga menjadi jalur pelayaran pada even Sailing Indonesia yang biasanya diselenggarakan setiap tahun.

Pada saat yang bersamaan dengan menjadikan Lombok sebagai tempat awal dan akhir dari wisatawan akan memberikan peluang bagi Lombok untuk menjaring wisatawan untuk melihat keindahaan alam Lombok.

Karena pada umumnya para wisatawan tidak langsung melanjutkan perjalannnya dan ketika singgah di Lombok mereka akan mengunjungi beberapa spot wisata  yang dimiliki Lombok.

Mengapa Lombok bukan Bali?

Bali sudah menjadi destinasi wisata yang sudah berhasil menjaring para wisatawan dari berbagai belahan dunia tanpa harus menjadi hub wisata karena pada dasarnya Bali merupakan destinasi wisata akhir.

Walau Lombok juga merupakan destinasi wisata akhir dan pilihan namun masih lebih terbuka kesempatan bagi Lombok untuk menjaring lebih banyak wisatawan serta dengan keuntungan dari lokasi geografisnya itu sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN