Mohon tunggu...
Ahmad Aunullah
Ahmad Aunullah Mohon Tunggu... Pelaku Wisata

Pelaku wisata yang tidak suka berada indoor terlalu lama. Berkantor di Lombok, bertempat tinggal kebanyakaan di laut.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Aviasi

31 Oktober 2020   16:02 Diperbarui: 31 Oktober 2020   16:07 515 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aviasi
ejbartennl/pixabay

Kata aviasi memang sedang menjadi pembicaraan saat pandemi ini karena industri ini mengalami dampak yang luar biasa dengan penurunan drastis dari permintaan kursi penerbangan di semua maskapai serta masih ditutupnya beberapa pintu gerbang negara-negara bagi para traveler yang ingin masuk lewat angkutan udara ini.

Namun apa sebenarnya arti dari aviasi itu, apakah penerbangan atau industri pesawat terbang atau keduanya ? karena beberapa referensi di internet yang saya temukan berbeda dari satu yang lain karena mereka menempatkan makna nya dari sudut yang berbeda, ada yang mengartikan atas dasar Undang-Undang Penerbangan, ada yang hanya mengambil singkat dari kamus dan lainnya.

Dari beberapa referensi tersebut ada beberapa yang memang mengartikan sama walau dengan bahasa yang berbeda, dan disini saya mencoba untuk memaknai apa itu aviasi berdasarkan referensi-referensi tersebut dan dengan pemahaman saya sendiri dalam kandungan yang lebih banyak.

Kata aviasi merupakan terjemahan dari bahasa Inggris yaitu Aviation yang diambil dari bahasa latin 'avier' atau terbang dan dengan ditambahkan akhiran -ion yang berarti proses atau aksi maka arti aviasi menjadi penerbangan.

Jika melihat di Wikipedia atau lainnya, penerbangan atau flight adalah sebuah proses ketika benda meninggalkan tanah tanpa menyentuhnya dengan daya dorong atau daya apung, seperti pada burung contohnya.

Sampai disini jelas memang aviasi berhubungan dengan segala sesuatu yang terbang.

Sejak dulu manusia sudah ingin terbang melayang di udara baik melalui percobaan-percobaan dengan balon udara, glider hingga pada saat Wright Bersaudara menerbangkan pesawat pada 17 Desember 1903 yaitu pesawat lebih berat dari udara dan bertenaga 2 mesin.

Sejak itu perkembangan pesawat terbang sangat pesat dan hingga di dominasi untuk penggunaan militer pada Perang Dunia 1 hingga Perang Dunia 2.

Disinilah kata aviasi sebenarnya mulai berlaku yaitu penerbangan dengan bantuan mesin untuk mendapatkan daya dorong dan daya angkat pada pesawat terbang atau yang lebih berat dari udara.

Aviasi adalah penerbangan dengan bantuan mesin atau mechanical flight.

Dan jika dahulu belum terpikirkan banyak orang bahwa penggunaan pesawat terbang untuk komersial seperti sekarang ini, maka belum banyak bandara yang dibangun untuk mengakomodasi pesawat-pesawat, yang ada hanya pangkalan-pangkalan udara militer sebagai basis operasi dari kesatuan militer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN