Travel Pilihan

Mengenal Sedikit tentang Wisata Premium

30 Juli 2018   22:11 Diperbarui: 30 Juli 2018   23:05 335 0 0
Mengenal Sedikit tentang Wisata Premium
Doc Pribadi

Wisata premium mungkin belum terlalu umum didengar oleh para wisatawan, hal ini sangat wajar karena selain memang belum banyak destinasi di Indonesia yang dapat dikatakan sebagai destinasi premium juga disebabkan oleh terlalu sedikit segmen dari pasar premium di Indonesia dan mereka bukanlah tipe wisatawan yang selalu update status nya di media sosial di setiap destinasi yang di kunjungi. Pada segmen premium, para wisatawan  ini lebih mengutamakan privasi daripada exposure.

Arti dari premium sendiri adalah sesuatu yang melebihi dari yang biasa atau standar, jika kita terapkan dalam barang akan terlihat misalnya pada kemasan atau kualitas pasti nya yang lebih dari barang merk lain untuk jenis barang yang sama dan pada akhirnya harga untuk barang premium pasti akan lebih mahal daripada yang biasa.

Bagaimana dengan penerapan kata 'premium' pada wisata ? Saya telah banyak berdiskusi oleh beberapa ahli strategi pasar via email dan mereka mengatakan bahwa premium pada wisata terletak pada 'experience' atau bagaimana kita ingin menikmati liburan kita. 

Apabila kita menginginkan  sebuah liburan ke Paris dengan gaya mewah maka kita akan memulai nya dengan terbang di kelas utama atau bahkan dengan pesawat sewa serta menginap di sebuah resor mewah di Paris. Namun saya tidak setuju 100% dengan pendapat tersebut karena premium yang mencerminkan kemewahan itu haruslah tidak hanya sekedar dari sebuah fasilitas yang kita dapatkan selama liburan namun juga kondisi dari 'experience' tersebut

Privasi bagi beberapa orang adalah sesuatu yang sangat penting dan mereka akan selalu menjaga privasi mereka di segala kondisi baik itu dalam dunia kerja maupun saat mereka liburan sekalipun. Kondisi inilah yang membuat sebuah wisata dapat dikatakan sebagai wisata premium yaitu yang dapat menawarkan sebuah privasi. 

Namun privasi juga dapat berarti ingin memiliki waktu untuk mengerjakan sesuatu yang tidak bisa dilakukan dengan banyak gangguan di lingkungan anda, misalnya anda tidak dapat menyelesaikan membaca sebuah buku novel karena banyaknya gangguan di lingkungan anda berada, pastinya anda ingin berada di sebuah tempat dimana tidak ada gangguan.

Apakah anda yakin dapat menyelesaikan membaca buku ketika berlibur di Paris ? jawabannya pasti tidak.

Selain itu, privasi dapat bermakna menjaga identitas yang berarti anda tidak ingin diketahui oleh banyak orang ketika berlibur. Apabila anda melihat beberapa film Hollywood ada adegan dimana seorang 'public figure' menggunakan nama lain saat menginap di hotel seperti nama-nama karakter film kartun. 

Doc Pribadi
Doc Pribadi

Premium adalah Privasi

Sebuah wisata dapat dikatakan sebagai wisata premium ketika layanan dan destinasi wisatanya dapat memberikan sebuah privasi kepada tamu nya, sehingga tidak terletak pada tingkat layanannya. 

Sebuah hotel yang tarifnya puluhan juta semalamnya atau sebuah resor di Bali yang tarif nya dapat hingga ratusan juta untuk semalamnya apabila tidak dapat memberikan jenis privasi yang diinginkan oleh tamu belum dapat dikatakan sebagai hotel premium.

Destinasi wisata yang premium terletak pada lokasinya sehingga tidak semua resor di Bali itu premium namun sebuah villa di sebuah bukit yang tenang dan tidak berisik dapat dikatakan premium walaupun lokasinya di Pulau Bali yang tidak premium.

Bila dilihat dari sisi agen perjalanan dimana mereka pada umum nya selalu membutuhkan testimoni dari para tamunya baik secara langsung maupun tidak langsung di media sosial dan lain-lain, agen perjalanan, pemilik resor, kapal pesiar dan lainnya yang menawarkan wisata premium justru tidak mengharapkan itu semua karena yang mereka butuhkan bukanlah 'exposure' melainkan kepuasan para tamu terhormatnya dengan menjaga privasi tamu secara total.

Seorang pemilik kapal pinisi mewah di Labuhan Bajo berkata kepada saya bahwa sudah banyak bintang film Hollywood dan penyanyi rock dunia yang berlayar dengan kapalnya tanpa menyebutkan nama-namanya. Kru dan bahkan pemilik kapal pun dilarang mengambil foto selama tamu mereka tersebut berlayar.

Dengan perkataan lain bahwa premium tidaklah selamanya dihubungkan dengan peningkatan mutu dan layanan saja namun juga berarti privasi khususnya pada dunia wisata.