Mohon tunggu...
Ahmad Jais
Ahmad Jais Mohon Tunggu... Jurnalis - Penulis Pemula

Menulis Untuk Menjadi Hobby

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Bahasa Jawa Bahasa yang Paling Sulit Dipelajari di Indonesia?

3 Agustus 2021   23:27 Diperbarui: 3 Agustus 2021   23:34 270 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bahasa Jawa Bahasa yang Paling Sulit Dipelajari di Indonesia?
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Bahasa jawa adalah salah satu bahasa yang paling banyak penuturnya di indonesia setelah bahasa sunda. bahasa yang sangat mendominsai di pulau jawa dan sekitarnya ini mempunyai tingkatan kesulitan dalam bahasanya. bagi kalian yang tinggal di lingkungan masyarakat suku jawa pasti penasaran dengan bahasa yang di ucapkan. namun apakah sulit mempelajari bahasa jawa atau sama halnya dengan mempelajari bahasa daerah lainya?

Bahasa jawa dalam beberapa daerah di pulau jawa mempunyai ciri khas berbeda dari satu dengan lainya. seperti daerah jawa tengah tepatnya yogyakarta dan sekitarnya yang menggunakan bahasa jawa krama 'halus', kemudian di jawa timur kota surabaya dan sekitarnya yang terkenal sedikit bahasa jawa kasar.

mempelajari bahasa jawa umumnya sama dengan mempelajari bahasa lainnya. mempelejari bahasa jawa bisa dimulai dari mempelajari logatnya kemudian bisa mempelajari tingkatan penggunaan bahasa jawa seperti tingkatan ngoko hingga krama. bagi kalian yang pertama kali mendengar bahasa jawa pertama kali pasti akan berpikir bahasa jawa itu sulit.

sulit atau tidak mempelajari bahasa jawa tergantung pada kita sendiri. pada umumnya bagi seseorang yang mempelajari bahasa ke dua pasti sedikit mengelami kesulitan. bahkan beberapa masyarakat asli jawa pun mengalami kesulitan ketika mempelajari bahasa jawa dengan tingkatan krama atau tingkatan tertinggi dalam bahasa jawa.

bahasa jawa krama adalah bahasa jawa yang biasanya digunakan untuk orang yang lebih tua atau biasa digunakan dalan acara khusus bahasa jawa krama juga biasanya hanya orang tua yang lancar dalam menngunakan bahasa jawa krama.

sedangkan para kaum muda asli jawa biasanya mengunakan bahasa ngoko yaitu bahasa yang digunakan untuk sehari-hari atau untuk komunikasi yang sebaya. Menggunakan bahasa jawa dalam keseharian bisa mempermudah kita mempelajari bahasa tersebut apalgi kalu kita tinggal selama beberapa bulan di lingkungan penutur asli jawa seperti jawa timur dan jawa tengah sekitarnya.

Kesimpulanya mempelajari bahasa jawa bisa sedikit sulit daripada mempelajari bahasa lainya karena adanya tingkatan berkomunikasi dalam bahasanya. Contohnya seperti penggunaan bahasa berbicara kepada yang lebih tua denngan yang sebaya, kepada yang lebih tua menggunakan kata "anda" menjadi "panjenngan" sedangkan dengan sebaya kita bisa menggunakan kata "sampeyan".

Jadi untuk mempelajari bahasa jawa mesti kita ektra usaha, karena dalam bahasa jawa mempunyai sedikit kesulitan dalam mempelajari tingkatan bahasanya dari ngoko hingga krama dan juga aksennya. untuk mempermudah mempelajari bahasa jawa tersebut kita bisa tinggal dengan lingkungan asli penutur asli bahasa jawa tersebut.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN