Mohon tunggu...
Ahmad Marzuki
Ahmad Marzuki Mohon Tunggu... Ilmuwan - Scientist

Traveller, Energy and Technology Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Cara Menghindari Terjadinya Kebakaran

3 Desember 2022   19:25 Diperbarui: 3 Desember 2022   19:57 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Akhir-akhir ini sering muncul di media massa peristiwa kebakaran yang menghanguskan rumah, kantor bahkan kebakaran sampai menimbulkan korban jiwa. Penyebab terjadi nya kebakaran ini rata-rata disebabkan oleh hubungan singkat arus listrik dan meledak nya kompor gas. Nah pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara kita menghindari terjadinya pembentukan api sehingga kebakaran dapat dihindari.

Api terbentuk karena adanya 3 element dasar yang terjadi melalui proses oksidasi. Ketiga element dasar tersebut adalah Panas, Oksigen dan Fuel (Gas).  Jadi, apabila terjadi kebakaran disekitar kita maka tugas kita adalah menghilangkan satu atau dua element dasar ini sehingga api menjadi padam. Berikut adalah usaha-usaha yang harus dilakukan untuk menghilangkan satu atau dua element dasar tersebut sehingga api tidak terbentuk

Menghilangkan Element Panas

Panas dapat menimbulkan kenaikan temperatur pada suatu benda. Panas ini bisa diakibatkan secara elektik dimana pemasangan kabel pada terminal listrik tidak tepat atau bisa juga diakibatkan karena gesekan antara dua permukaan benda. Panas pada suatu benda baik itu zat padat atau bahan mudah terbakar (liquid) akan menimbulkan terjadi nya gas. 

Analogi sederhana nya seperti kita memasak air maka bila kita kasih panas ke air secara terus menerus lama-lama air akan menguap menjadi gas. Contoh lain nya adalah kapur barus yang kalo kita panaskan akan menjadi gas sehingga ruangan kita menjadi harum. 

Nah gas yang terbentuk ini merupakah fuel yang merupakan salah satu element dasar terbentuk nya api. Pada saat kebakaran biasanya kita akan menutup api dengan menggunakan kain basah atau menyiram air. Usaha ini merupakan usaha untuk menghilangkan element panas karena suhu dilokasi kebakaran menjadi dingin. Sehingga api menjadi padam.

Menghilangkan Element Oksigen

Apabila api pada lilin kita tutup dengan gelas, maka api akan padam. Merupakan bentuk analogi untuk menghilangkan oksigen dari reaksi kimia sehingga api tidak akan terbentuk. Apabila terjadi kebakaran, bila kita menggunakan APAR dengan jenis CO2 atau Foam maka ini usaha untuk menghilangkan element oksigen dari reaksi terbentuk nya api. CO2 dan foam akan "mengusir" molekul oksigen dari reaksi kimia sehingga api menjadi padam. 

Menghilangkan Element Fuel

Apabila terjadi kebakaran, salah satu usaha yang harus dilakukan adalah mematikan aliran fuel atau gas. Sebagai contoh bila kompor gas kita mengalami kebakaran maka kita harus melepas selang dan menutup valve yang mengalirkan gas ke kompor. Sehingga api menjadi padam. 

Memutus Rantai Reaksi Kimia 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun