Mohon tunggu...
Ahmad Faid Ridho Asrofin
Ahmad Faid Ridho Asrofin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Komunikasi UIN Jakarta

Someone who excited about Public Speaking

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Contoh Ekspositori dalam Kegiatan Sehari-hari

1 Oktober 2022   06:23 Diperbarui: 1 Oktober 2022   06:24 147 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ekspositori yang merupakan pemaparan atas suatu proses yang dijabarkan secara terstruktur, logis dan terperinci. Proses disini diaktualisasikan dengan urutan yang terperinci sesuai dengan keadaan dan hal yang terjadi. Dapat dicontohkan suatu keadaan tersebut yang sering kita lihat didunia sosial media yaitu " How To Make ..... ( ex : mie instant ) ". 

Dalam hal tersebut diperincikan bahwa proses perebusan mie instant diawali dengan merebus air terlebih dahulu hingga air tersebut mendidih, lalu mie tersebut dimasukkan kedalam panci yang berisi air mendidih tersebut dan dimasak kurang lebih 3 menit sampai mie benar-benar matang, selanjutnya mie tersebut dimasukkan kedalam mangkuk yang sudah berisi bumbu-bumbu kemudian mie diaduk hingga merata dan miepun siap untuk disajikan.
Sesuai dengan contoh diatas bahwa ekspositori memiliki rincian yang runtut sehingga mudah dipahami oleh pembaca secara keseluruhan. 

Dengan adanya runtutan ekspositori ini memudahkan kepada sang penulis juga dalam hal penjelasan terhadap apa yang ada dipikirannya dan akan di tuangkan dalam karyanya.

Sesuai dengan apa yang dikategorikan dalam ekspositori apa-apa yang kita rincikan dalam proses tersebut memiliki kemudahan dalam hal menjabarkan. Dalam hal yang saya contohkan diatas jika kita meruntutkan pembuatan mie instant sesuai dengan prosedur maka kita akan mendapatkan hasil yang tepat dan juga mendapatkan kenikmatan dalam hasil tersebut. 

Berbeda jika kita tidak menggunakan prosedur yang tepat seperti halnya jika kita memasak mie tersebut dimulai dengan memasak bumbu bukan memasak mienya maka hasil yang akan kita dapatkan sangatlah berbeda dari yang sesuai dengan prosedur. Maka jikalau kita ingin mendapatkan hasil yang sesuai sudah seharusnya kita menggunakan rincian yang logis sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan