Mohon tunggu...
Ahmad Said Widodo
Ahmad Said Widodo Mohon Tunggu... Sejarawan - Peneliti dan Penulis Sejarah dan Budaya

Peneliti dan Penulis Sejarah dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Puisi | Surat buat D.D. (Dilraba Dilmurat)

28 Juli 2020   20:04 Diperbarui: 10 Desember 2022   14:26 688
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Facebook Dilraba Dilmurat

Dilraba Dilmurat
Dilraba Dilmurat
D.D. wajahmu oleh semua orang pasti dikatakan cantik dan aku pun mengatakan hal yang sama.

Wajah dan tubuhmu sempurna, ciri khas Asia Tengah dan engkau keturunan Uyghur meskipun negerimu dipaksakan menjadi wilayah China, tetap saja wajah khasmu tak dapat disembunyikan dibandingkan etnis lainnya.

Jika aku mengerti bahasamu dan engkau mengerti bahasaku, maka kita dapat berbincang tentang sebuah negeri bernafaskan Islam beberapa abad yang silam.

Sebuah negeri yang berperadaban tentu saja dengan suasana dan romansa Islam di antara jalanan sutera yang membentang beribu-ribu kilometer jauhnya.

Jika kekaguman itu universal, jika lagu itu universal dan jika cinta itu universal, maka cukuplah bagiku saling berkisah dalam bahasa yang sama.

Bicara tentangmu adalah bicara tentang Uyghur yang memiliki kecantikan ciri khas Asia Tengah hingga Timur Tengah dan wilayah itu bisa menjadi misteri tak terpecahkan jika tanpa mempelajari sejarahnya, antropologinya dan arkeologinya.

D.D. cepat atau lambat kita akan segera berbincang, berdialog dan berdiskusi tentang seni, tentang kuliner, tentang sejarah dan tentang apa saja.

Purwakarta, 28 Juli 2020

Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun