Mohon tunggu...
Ahmad Said Widodo
Ahmad Said Widodo Mohon Tunggu... Sejarawan, Peneliti dan Penulis

Penggemar Sejarah, Politik dan Sastra, Pecinta Alam dan Petualang

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Puisi | Surat buat D.D. (Dilraba Dilmurat)

28 Juli 2020   20:04 Diperbarui: 29 Juli 2020   07:22 59 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Puisi | Surat buat D.D. (Dilraba Dilmurat)
Facebook Dilraba Dilmurat

Dilraba Dilmurat
Dilraba Dilmurat
D.D. wajahmu oleh semua orang pasti dikatakan cantik dan aku pun mengatakan hal yang sama.

Wajah dan tubuhmu sempurna, ciri khas Asia Tengah dan engkau keturunan Uyghur meskipun negerimu dipaksakan menjadi wilayah China, tetap saja wajah khasmu tak dapat disembunyikan dibandingkan etnis lainnya.

Jika aku mengerti bahasamu dan engkau mengerti bahasaku, maka kita dapat berbincang tentang sebuah negeri bernafaskan Islam beberapa abad yang silam.

Sebuah negeri yang berperadaban tentu saja dengan suasana dan romansa Islam di antara jalanan sutera yang membentang beribu-ribu kilometer jauhnya.

Jika kekaguman itu universal, jika lagu itu universal dan jika cinta itu universal, maka cukuplah bagiku saling berkisah dalam bahasa yang sama.

Bicara tentangmu adalah bicara tentang Uyghur yang memiliki kecantikan ciri khas Asia Tengah hingga Timur Tengah dan wilayah itu bisa menjadi misteri tak terpecahkan jika tanpa mempelajari sejarahnya, antropologinya dan arkeologinya.

D.D. cepat atau lambat kita akan segera berbincang, berdialog dan berdiskusi tentang seni, tentang kuliner, tentang sejarah dan tentang apa saja.

Purwakarta, 28 Juli 2020

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x