Mohon tunggu...
Ahmad Satriya
Ahmad Satriya Mohon Tunggu... Lainnya - pelajar

Welcome to my inspiration

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Solusi Masalah terhadap Perusahaan Tambang

26 September 2021   22:28 Diperbarui: 27 September 2021   12:13 92 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Solusi Masalah terhadap Perusahaan Tambang
whatsapp-image-2021-09-27-at-13-03-59-615152e60101903f33474cc2.jpeg

Nama : Ahmad Satriya

Kelas   : Manajemen B

NIM    : 210903502042

MID Test !

 

PERTANYAAN

1. Hal – hal apa saja yang menjadi masalah pada kasus di atas ?

Pada masalah di atas mengatakan bahwa Perusahaan Tambang yang didirikan oleh kakek sejak 50 tahun yang lalu, sering berurusan dengan masyarakat adat sejak 30 tahun lalu mengenai Eksplorasi dan Eksploitasi yang ditakutkan terjadinya pencemaran lingkungan tersebut. Terjadinya ekplorasi itu dikarenakan eksplorasi ialah sebuah kata yang memiliki sebuah makna yaitu menjelajahi wilayah atau suatu tempat baru yang dimana akan dijadikan suatu wilayah yang belum diketahui apa didalamnya, dengan fungsi dan tujuan menggali potensi yang tersembunyi di wilayah tersebut. Terjadinya eksplorasi ini untuk digunakan sebagai Bahasa pertambangan dan untuk memperluas wilayah yang berfungsi menguntungkan, sedangkan Eksploitasi terjadi untuk mendalami suatu wilayah atau potensi yang ada diwilayah tersebut dan eksploitasi lebih cenderung ke sifat yang negative atau sifat yang tidak dianjurkan. Hubungannya dengan Perusahaan Tambang yang didirikan oleh kakek tersebut yaitu terjadinya eksplorasi dan eksploitasi di wilayah yang dimana wilayah tersebut ada Aktivis Lingkungan , Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM ) , dan Masyarakat Adat. Mengapa demikian, ia melakukan protes atau angkat bicara tentang adanya eksplorasi dan eksploitasi di wiliyah yang dijadikan sebagai lahan eksplorasi mineral dan tambang, ia menilai bahwa aksi eksplorasi dan eksploitasi ini yang anda lakukan dinilai sebagai pencemaran lingkungan , menganggu ekosistem , dan menganggu hak – hak masyarakat tersebut. Masalah hukum ini terjadi dikarenakan adanya perluasan wilayah pertambangan dan mineral yang target profitnya 300% di tahun pertama.

2. Jelaskan apa yang akan anda lakukan pertama kali sebagai seorang presiden direktur terkait masalah ini ? Di satu sisi, ada tekanan dari pihak internal perusahaan yang mempekerjakan anda (yang mana salah satu dewan komisaris adalah ayah anda) dan di sisi lain ada tekanan dari pihak eksternal terkait aktivitas operasional perusahaan anda. Pihak mana yang anda prioritaskan ? Pihak internal atau pihak eksternal ?

Sebagai presiden direktur, kita harus memahami Strategi pihak eksternal seperti yang di katakan oleh teks tersebut yaitu perluasan wilayah pertambangan dan mineral yang dilakukan oleh perusahaan ini dinilai merusak dan dinilai sebagai pencemaran lingkungan dan ekosistem. Setelah dikatakan seperti itu, perusahaan ini harus melakukan atau membuat strategi yang dimana bisa menjadikan perluasan wilayah tersebut bisa berjalan dengan baik tanpa adanya protes dan pengangkatan bicara oleh masyarakat adat. Strategi yang di buat itu juga harus dibicarakan dengan baik oleh pihak internal yang dimana pihak internal tersebut adalah ayah sendiri. Mengapa demikian, membuat strategi tersebut tidak segampang membalikkan telapak tangan karena membuat strategi itu harus dengan pertahanan yang kuat dan komunikasi yang baik dalam perusahaan dan anggota perusahaan. Tidak boleh saling mengadu ego dalam melakukan atau menjalankan strategi karena strategi akan berjalan dengan baik apabila presiden direkturnya dan anggotanya itu bisa melakukan komunikasi yang baik dan melaksanakan segala tugas dan bagiannya. Strategi juga adalah tujuan dan rencana kedepannya agar mencapai segala target atau pun keuntungan perusahaan yang sedang menjalani proses perluasan wilayah di suatu tempat yang baru untuk menggali potensi wilayah tersebut. Dalam menyusun strategi tidak asal membuat karena setiap strategi yang ingin di bangun mempunyai susunan dan strategi berisi rencana atau tujuan yang jangka Panjang sehingga focus pada pencapaian. Adapun tanggung jawab perusahaan yang dimana itu adalah rasa kepedulian kita terhadap masyarakat yang merasa keberatan untuk menerima perluasan wilayah untuk perusahaan tambang dan mineral ini. Sebagai rasa kepedulian kita terhadap masyarakat tersebut kita harus menjalin silahturahmi atau berpartisipasi antara masyarakat dan anggota perusahaan. Perusahaan juga adalah lingkungan sosial masyarakat yang menginginkan pekerjaan sehingga masyarakat yang mempunyai kemampuan atau pun ahli di bidang pertambangan bisa meningkatkan ilmu atau potensi yang ia dapatkan. Itulah yang saya lakukan atau saya prioritaskan jika saya ingin menyelesaikan masalah tersebut mengapa saya katakana seperti itu, karena sebaik – baiknya komunikasi di pihak eksternal maka perusahaan yang kita jalani atau kita kerjakan itu akan berjalan dengan baik jika strategi yang kita buat dengan pihak internal itu sudah dibicarakan dengan cara seksama agar tekanan dari pihak eksternal dan internal bisa menerima rencana dan tujuan perusahaan kita kedepannya. Sebaik – baiknya strategi yang kita buat dan sekuat – kuatnya tanggung jawab sosial kita terhadap masyarakat pasti akan tidak terlihat berguna kalau strategi dan tujuan kita tidak dipartisipasi dengan cara seksama maka lakukanlah yang terbaik apabila ingin melakukan suatu Tindakan yang menyangkut masyarakat eksternal.

3. Jelaskan solusi yang anda tawarkan terkait masalah ini !

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan