Mohon tunggu...
Ahmad Rifai
Ahmad Rifai Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Design Kebun Sesuai Konsep Al Qur'an

27 Maret 2017   11:31 Diperbarui: 27 Maret 2017   11:59 2532 0 0 Mohon Tunggu...

Pernahkah terpikirkan oleh kita bahwa Al-Qur’an telah mendesainkan kita sebuah kebun yang ideal? Marilah kita Lihat Grand design sebuah perkebunan modern didalam Al-Qur'an Grand Design Al-Kahfi ayat 32 dan 33:

Bismillahirrohmaanirrohiim…

Surah Al-Kahfi, ayat 32:

Dan berikanlah kepada mereka sebuah perumpamaan dua orang laki-laki, Kami jadikan bagi seorang di antara keduanya DUA BUAH KEBUN ANGGUR dan kami KELILINGI KEDUA KEBUN ITU dengan POHON-POHON KURMA dan di ANTARA kedua kebun itu Kami buatkan LADANG. (QS Al-Kahfi: 32)

Tafsir:

DUA BUAH KEBUN ANGGUR

Sebelum kata DUA BUAH KEBUN, ada kata "Kami jadikan”, itu artinya kebunnya memang sangat hebat karena Allah yang menciptakan..

Sebuah riwayat mengatakan dikebunnya laki-laki tersebut terdapat banyak jenis anggur, ada anggur merah, hijau, biru, hitam, pink dsb.. Suatu nikmat dari Allah yg maha agung..

Kalau dinegara Barat sekarang, kebun Anggur disebut Vineyard - yg merupakan ladang/kebun paling mahal, Sehingga susah untuk menjaganya. Maka dari itu, biasa akan banyak dikerahkan pekerja untuk menjaganya.. Kita kaitkan dg ayat tsb, berarti si lelaki mempunyai banyak pekerja (Karyawan) untuk mengurus kebun anggurnya.

Kami KELILINGI KEDUA KEBUN itu dengan POHON-POHON KURMA

Sadarkah kita bahwa tanaman (pohon) anggur itu adalah tanaman yang lemah, yang mudah rusak bila ada angin ataupun perubahan alam yang lain. Anggur sangat mudah roboh bila kena terpaan angin sehingga pohon-pohon anggur tersebut membutuhkan sebuah tanaman pelindung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN