Mohon tunggu...
Firman Pratama
Firman Pratama Mohon Tunggu... Dosen - pebisnis muda

Seorang pakar pikiran dan praktisi pendidikan yang membuat dua buah metode dahsyat yaitu Alpha Telepati dan Alpha Mind Control, seorang pebisnis yang sudah memulai bisnis sejak masa kuliah Blog pribadi di www.firmanpratama.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Ketika Utang Tidak Kunjung Lunas, Perbaiki 2 Hal Ini!

21 Juli 2022   14:11 Diperbarui: 21 Juli 2022   14:22 527 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hutang saya tidak kunjung lunas, bagaimana supaya cepat lunas? ada sebuah komentar di Channel Youtube Cahaya Kehidupan yang membahas tentang hutang. Situasi hutang yang tidak kunjung lunas sepertinya banyak dialami oleh orang disekitar kita. 

Meminjam uang, alias berhutang memang terkesan sesuatu yang "terpaksa" disebut sebagai jalan terakhir ketika seseorang membutuhkan uang adalah dengan berhutang. Padahal sih tidak juga. Ada banyak jalan untuk mendapatkan uang selain berhutang. 

Semua kembali kepada cara berpikir seseorang. Jika dari dulu selalu dikenalkan bahwa kalau butuh sesuatu harus pinjam uang maka ya hanya itu saja yang ada dalam pikirannya. Efeknya hidup terbelit hutang dan susah untuk lepas dari hutang itu.

Kenapa Harus Hutang?

Ketika ada yang bertanya ke saya mengenai masalahnya tentang hutang, pasti saya balik bertanya "kenapa harus hutang? Dan biasanya jawabannya adalah "kepepet", "mau gimana lagi", "saya sudah berusaha". 

Coba anda survey ke orang-orang yang mengeluh tentang hutang, pasti jawabannya ya sama. Apakah salah ketika ber-hutang? Tentu jawabannya tidak salah. Pengusaha yang kaya juga memiliki hutang.

Menjadi salah ketika tidak membayar hutangnya dan menjadikan hutang sebagai tumpuan utama dalam konsumsi kehidupan.

Hutang untuk konsumtif, ini yang membuat hutang menjadi berat dan terasa susah untuk dibayar. Karena uang yang dipinjam itu digunakan untuk menutupi kebutuhan sehari-hari.

Penyebab Hutang tidak kunjung lunas

Saya ada teman yang sukanya meminjam saja, perlu sedikit saja meminjam. Ini menjadi sebuah kebiasaan yang tidak baik. Mungkin, dia berpikir tidak perlu bekerja, tidak perlu berjualan tapi bisa mendapat uang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan