Mohon tunggu...
ahkam jayadi
ahkam jayadi Mohon Tunggu... Dosen - Akademisi Hukum dan Ketua Pusat Studi Pancasila UIN Alauddin Makassar

Laki-laki

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Disembunyikan Makhluk Gaib

29 Oktober 2021   05:29 Diperbarui: 29 Oktober 2021   05:39 62 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Oleh: Ahkam Jayadi

Sebagaimana cerita-cerita mistis yang sering kita baca atau dengar dari cerita orang, maka penulis pun pernah mengalami sebuah pengalaman mistis. Pengalaman yang sungguh aneh bin ajaib. Sorang teman hilang se malam dan tidak bisa ditemukan setelah melalui pencarian ke mana-mana. Ketika esok sang teman muncul maka kesimpulannya dia disembunyikan oleh makhluk gaib. Cerita jelasnya dapat disimak berikut ini.

Kisah Mistis

Peristiwa mistis itu terjadi sekitar tahun1986 pada saat penulis bersama teman-teman sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Meskipun peristiwanya sudah cukup lama akan tetapi penulis tidak bisa lupakan karena saking berkesannya. Peristiwa yang benar-benar terjadi yang kalau sekedar cerita orang yang kita dengar maka rasanya kita mungkin akan sulit untuk percaya.

Kejadian mistis itu terjadi di Desa Pasui Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang Provinsi Sulawesi Selatan tempat penulis KKN. Di Desa tersebut penulis KKN bersama tujuh orang teman dari berbagai fakultas (penulis sendiri dari fakultas hukum, ada yang dari fakultas kedokteran, ada yang dari fakultas ekonomi, ada yang dari fakultas pertanian dan ada yang dari fakultas social politik). 

Desa Pasui tidak heran kalau masih sering terjadi hal-hal mistis oleh karena desa itu adalah medan perjuangan Kahar Muzakkar bersama pasukannya. Menurut pengakuan Kepala Desa yang masih prajurit Kahar Muzakkar dulunya, disitu sering kali terjadi peperangan dan pembunuhan.

Peristiwa mistis yang terjadi adalah ceritanya sebagai berikut. Seorang mahasiswi teman KKN penulis yang dari fakultas pertanian (tujuh orang peserta KKN tinggal serumah bersama dengan Kepala Desa dan keluarganya sebagai Posko). Kejadian itu berawal ketika teman mahasiswi tersebut kedatangan teman dekatnya untuk berkunjung ke lokasi KKN kami. Perjalanan ke lokasi KKN kami memang cukup melelahkan dengan naik gunung turun gunung dan jalan yang masih berupa tanah liat dan bebatuan biasanya lebih banyak digunakan motor.

Tentu saja tamu teman kami tersebut adalah untuk pertama kalinya datang di desa itu, dia tiba di tempat lokasi KKN kami sore hari. Singkat cerita setelah berkenalan lanjut dengan makan bersama. Seusai makan malam seperti biasanya kita saling bercanda dan nyanyi sambil diiringi gitar. 

Hal mengagetkan terjadi sekitar pukul 22.00 malam baru kita tersadar ternyata  tamu teman tadi hilang. Hal yang agak lucu kita sering lakukan di malam hari (jam 22.00 lampu listrik dimatikan karena keterbatasan daya yang masih menggunakan kincir air) jadi penerangan yang kita pakai adalah menggunakan kunang-kunang yang di tangkap kemudian dimasukin ke saku baju untuk menerangi. 

Terjadilah kehebohan karena setelah semua orang mencari kemana-mana tamu teman tersebut tidak juga ditemukan. Di cari di kamar, di bawah kolom rumah (kebetulan rumahnya, rumah panggung dari kayu), di cari kamar mandi. Juga di cari di Mesjid kebetulan di depam rumah (Posko KKN) ada masjid kecil, juga tidak diketemukan hingga jam menunjukkan pukul 2.00 dini hari pencarian dihentikan dan kita tinggal termenung dan merenungi apa gerangan yang terjadi.

Kisah Mistis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan