Mohon tunggu...
Ahmad Ismail Ibnu Sina
Ahmad Ismail Ibnu Sina Mohon Tunggu... Konsultan - Konsultan Layanan di Perusahaan Otomotif Mobil

Gemar menuangkan Ide sampai berbagi Inspirasi, lebih cenderung aktif untuk mengisi kanal: Bisnis, Marketing, Teknologi, dan Sains.

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

5 Aktivitas ini Bikin Ngabuburit jadi Lebih Poduktif

25 Maret 2023   20:55 Diperbarui: 25 Maret 2023   21:00 397
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Meskipun waktu ini seharusnya diisi dengan kegiatan santai untuk persiapan berbuka, namun sebenarnya terdapat kesempatan bagi kita untuk menjadi produktif dan terlibat dalam kegiatan yang bermanfaat. Terdapat banyak cara untuk produktif selama ngabuburit, dan beberapa di antaranya dapat disebutkan di bawah ini.

Salah satu cara untuk produktif selama ngabuburit adalah dengan menghadiri pengajian atau kultum, yaitu ceramah keagamaan yang diadakan di masjid. Kegiatan ini merupakan cara yang baik untuk memperdalam pemahaman tentang Islam dan mendapatkan berkah. Selain itu, mengolah makanan untuk keesokan hari juga bisa menjadi kegiatan produktif yang menyenangkan dan sehat, baik dilakukan sendiri ataupun bersama keluarga dan teman.

Berikut ini 5 aktivitas yang umum dan mudah dilakukan untuk membuat waktu ngabuburit kamu menjadi lebih produktif

1. Memasak bersama anak

Memasak bersama anak dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Selain dapat mengajarkan anak tentang tanggung jawab, disiplin, dan memperkuat ikatan batin, memasak bersama anak juga dapat memunculkan rasa percaya diri dan membuat anak tertarik untuk belajar berhitung dari jumlah bumbu dan resep yang akan digunakan. Ada banyak resep sederhana dan mudah yang dapat dicoba bersama anak 

Mengajari anak memasak memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Mengasah keterampilan hidup dan membantu anak beradaptasi dengan baik hingga dewasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
  • Membantu anak mengenal beragam rasa dan makanan
  • Melatih kreativitas dan keberanian anak
  •  Membantu anak membedakan makanan yang sehat dan tidak
  • Memperkuat hubungan emosional dan komunikasi antara orang tua dan anak

2. Berjualan takjil

Jualan takjil di bulan puasa bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Ada banyak menu takjil yang enak dan mudah dibuat, seperti gorengan, es buah, sop buah, dan lainnya. Dengan modal kecil, kamu bisa memulai bisnis jualan takjil dan mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan.

 Modal berjualan takjil tergantung pada jenis dan jumlah makanan yang dijual. Contohnya, untuk berjualan es buah campur, modal yang diperlukan adalah sekitar Rp 20 ribu per kg buah-buahan, kental manis, dan sirup sebesar Rp 40 ribu. Ada banyak ide jualan takjil di bulan puasa Ramadan yang bisa dicoba dengan modal kecil. Untuk membedakan diri dengan yang lainnya, bisa dilakukan dengan memberikan rasa yang berbeda, tampilan yang berbeda, stand jualan yang berbeda, penawaran paket penjualan yang berbeda, dan lain-lainnya

3. Olahraga sore

Olahraga di bulan puasa memiliki manfaat untuk kesehatan, seperti menjaga tubuh tetap fit dan bugar. Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Adib Khumaidi Sp.OT menyarankan agar olahraga dilakukan setelah sholat Subuh atau menjelang waktu buka puasa atau sore hari. 

Jenis olahraga yang dianjurkan saat puasa adalah dengan intensitas rendah, seperti lari atau jalan kaki, berenang, push-up, pilates, bersepeda, dan peregangan seluruh tubuh. Olahraga dengan intensitas berat sebaiknya dihindari karena dapat menguras tenaga dan mengurangi cairan tubuh karena berkeringat.  

4. Estafe membaca buku

Meskipun hanya membaca selama 30-90 menit per hari, tetaplah konsisten membaca karena membaca merupakan kegiatan yang sangat penting dan bermanfaat bagi kehidupan kita . Untuk menemani waktu santai, kamu bisa mencari rekomendasi buku bacaan ringan yang bisa membantu kamu bersantai dan menambah wawasan.

Membaca buku religi di bulan puasa adalah kegiatan yang baik dan bermanfaat. Ada banyak rekomendasi buku yang dapat dibaca selama bulan puasa, seperti buku 17 Tuntunan Hidup Muslim, 23 Wasiat Rasulullah Dalam Kajian Sunnah Nabawiyah, dan To Heal is to Accept

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Lihat Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun