Mohon tunggu...
Mohamad Agus Yaman
Mohamad Agus Yaman Mohon Tunggu... Seniman

Ketua Sanggar Seni Rebang Emas Sungailiat Bangka, Prov. Kep. Bangka Belitung. Koreografer, Artistic Director, Kreator Tari Tradisional & kontemporer.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Wujudkan Cita-citamu Seniman Babel, Raih Mimpimu Generasiku!

11 Oktober 2019   13:59 Diperbarui: 11 Oktober 2019   14:12 0 2 0 Mohon Tunggu...
Wujudkan Cita-citamu Seniman Babel, Raih Mimpimu Generasiku!
Sanggar sekar penyanding membawa tarian dengan tema "nganggung" | Dokpri

Awal kata saya ingin ungkapkan "Bangkitkan Selalu Semangatmu hai Seniman, Raih cita citamu generasiku".

Kata kedua yang aku katakan, "Sangat kaya seni budaya Indonesia yang telah Tuhan titipkan kepada kita semua, wahai pengabadi karya".

Apa yang ada dalam benak kita? khususnya wahai pekerja seni budaya daerah? muncul pertanyaan ini "kenapa tidak dimanfaatkan dengan baik agar semakin berkembang dan dapat meningkatkan kesejahteraan kita?" Mungkin ada yang menjawab ,"sudah kami manfaatkan sebaik-baiknya hingga dapat kau lihat seni budaya tradisional tetap bertahan hingga saat ini."

Indonesiaku adalah wilayah yang luas, satu kecamatan saja sudah memiliki puluhan karya seni dan budaya yang berbeda-beda, bahkan setiap 10 km jarak antara kampung/desa/kelurahan pun seni budayanya berbeda. Seperti demikian juga daerah Bangka tempat tinggal saya menetap sekarang ini, tiap-tiap dusun/desa memiliki perbedaan dalam bentuk bahasa maupun busana, asesoris pada busana pengantinnya dan pada adat istiadatnya.

Dengan keberagaman tersebut sudah pasti memiliki nilai jual yang tinggi, namun hingga saat ini keberagaman tersebut seperti air mengalir saja tanpa ada bendungan untuk mewadahi hasil karya leluhur tersebut, dikemas, didokumentasikan dan dipertontonkan untuk masyarakat luas, dan tugas seniman dan budayawanlah yang wajib aktif melestarikan, mengembangkan dan mengajarkan kepada murid disekolah-sekolah. Karya-karya tradisional itu jangan hanya berjalan ditempat, jangan hanya  berjalan didaerahnya saja,  tapi dipelajari secara turun-temurun kepada generasi muda agar norma-norma dan etikanya tetap terjaga, dan kita harusnya bersyukur karena para pemuka agama, pemuka adat terus berjaga-jaga atas pelestarian yang telah mereka lakukan oleh untuk masyarakat yang ada dalam daerah tersebut.

Generasi muda dengan para seniman muda di Bangka Belitung ini terus melakukan inovasi terhadap karya tari ciptaannya, berlomba ingin menjadi yang terbaik, memperlihatkan tari kreasi hasil koreografinya dalam ajang festival tingkat Kabupaten dan menjadi kebanggaan sendiri apabila mereka menjadi pemenang dan masuk dalam kateggori penata tari terbaik, penata rias dan busana terbaik dan penata musik terbaik. Kemenangan ini menjadi kompor untuk semangat mereka, karena festival-festival inilah banyak generasi muda melanjutkan pendidikan ke luar kota seperti di Joyakarta, Bandung dan Jakarta untuk masuk lebih dalam lagi tentang pendidikan seni.

Seniman Bangka Belitung pastinya bangga dengan tekad mereka, tiap tahun mereka inilah yang penampung seni tradisional mengembangkan kemudian menjadi usaha para pekerja seni ataupun swasta dikemudian hari. Lambat laun diharapkan generasi-generasi penerus ini tetap melestarikan seni budaya Bangka Belitung dan diharapkan para pekerja seni dan generasi muda dapat lebih kreatif dalam mengolah seni budaya daerahnya agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dilingkungannya.

Sebagian para peserta Festival yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung | Dokpri
Sebagian para peserta Festival yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung | Dokpri

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x