Mohon tunggu...
AGUS WAHYUDI
AGUS WAHYUDI Mohon Tunggu... Jurnalis - setiap orang pasti punya kisah mengagumkan

Jurnalis, pecinta traveling dan buku. Bekerja di Enciety Business Consult.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Pembuktian Klub Sepak Bola Milik Muhammadiyah

27 September 2021   14:41 Diperbarui: 27 September 2021   14:43 269 8 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Skuad Hizbul Wathan FC di Stadio Manahan Solo saat official training. foto:joko kristi/hwfc

Melebarkan sayap dakwah. Begitulah spirit Muhammadiyah yang kini punya klub sepak bola: Hizbul Wathan Football Club (HWFC). Lewat sepak bola, Muhammadiyah menjelma sebagai ormas yang progresif. 

Hari ini (27/9/2021), HWFC akan melakoni laga perdana di Kompetisi Liga 2 2021. Lawannya, Persijap Jepara. Bertanding d Stadion Manahan Solo. Laga yang berat, tentu saja. Karena Persijap memiliki catatan panjang di perjalanan sepak bola Indonesia. Baik di Liga 1 maupun Liga 2.

Sementara bagi HWFC, momen ini menjadi pembuktian. Apalah klub milik Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur itu, bisa menunjukkan prestasi. Bukan tim ayam sayur.  

Tekad awal sudah diapungkan. Di mana, HWFC akan menjadi klub sepak bola yang kuat dengan program-program unggulan. Berbagai sarana dan prasarana mulai dipersiapkan. Penyediaan tempat latihan dipersiapkan. Akademi sepak bola digagas dengan sejumlah perguruan tinggi Muhammadiyah.  

HWFC sendiri telah resmi menjadi anggota PSSI. Klub ini diakuisisi oleh PWM Jawa Timur dari klub sebelumnya, Persigo Semeru FC. Keputusan akuisisi dilakukan pada 26 Februari 2020. Dua pekan jelang kick off Liga 2 2020.

Masa itu, keikutsertaan di Kompetisi Liga 2 2020 dengan nama Persigo Semeru Hizbul Wathan (PSHW). Sempat melakoni satu pertandingan resmi. Melawan Persijap Jepara. Lantaran pandemi covid-19, Kompetisi Liga 2020 tidak dilanjutkan alias dihentikan. 

Tahun 2021, nama PSHW akhirnya diubah. Pilihannya, Hizbul Wathan Football Club (HWFC). Perubahan nama dilakukan melalui Kongres Biasa PSSI, 29 Mei 2021. Proses administrasi berlangsung mulus. Tanpa kendala.

Di Kongres PSSI itu, banyak pemilik klub sepak bola mengapresiasi Muhammadiyah. Presiden HWFC Suli Da'im menuturkan, banyak pemilik klub sepak bola di Indonesia, baik di Liga 1 da Liga 2, menyatakan salut dengan keputusan Muhammadiyah membeli klub sepak bola.

"Bahkan ketua PSSI Mochamad Iriawan bilang kalau Muhammadiyah kini telah kembali ke rumah besar PSSI," tutur Suli yang mantan anggota DPRD Jatim itu.

Suli juga sempat berbincang dengan Raffi Achmad, selebritis dan Youtuber papan atas di Tanah Air dan punya Klub Rans Cilegon FC itu. Raffi memberi acungan jempol dengan keberadaan HWFC.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan