Mohon tunggu...
Agus Zubaidi Isroil
Agus Zubaidi Isroil Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Pegiat Media

Ketertarikan di bidang sosial, media, broadcast dan film

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Kejuruan Broadcasting dan Film di SMK Negeri 1 Boyolangu

8 Maret 2023   12:00 Diperbarui: 8 Maret 2023   12:05 634
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan seseorang, baik itu di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Oleh karena itu, proses pembelajaran yang efektif sangat penting diterapkan untuk mencapai tujuan pendidikan. Maka peranan guru dalam menentukan metode ataupun model pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh terhadap proses juga hasil pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang menjadi populer di dunia pendidikan adalah model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Model ini mengedepankan pembelajaran yang berbasis proyek dan student centered, berpusat pada siswa. Tugas yang dirancang untuk membangun pengetahuan dan keterampilan siswa melalui pengalaman langsung dan kolaboratif.

Definisi Project Based Learning (PJBL)

Model Pembelajaran Project Based Learning PJBL adalah suatu pendekatan pembelajaran yang dilakukan berbasis proyek. Proyek tersebut terdiri dari tujuan, kendala, dan sumber daya yang tersedia. Proyek tersebut juga dirancang untuk membangun keterampilan dan pengetahuan siswa melalui pengalaman langsung dan kolaboratif. Pada dasarnya, model pembelajaran PJBL menggabungkan pembelajaran berbasis proyek dengan pembelajaran kolaboratif.

Proses Pembelajaran PJBL

Model pembelajaran PJBL melibatkan tiga tahap utama, yaitu tahap perencanaan proyek, pelaksanaan proyek, dan presentasi hasil proyek.

Tahap Perencanaan Proyek

Tahap perencanaan proyek merupakan tahap awal dalam proses pembelajaran PJBL. Pada tahap ini, siswa akan diberikan proyek yang terdiri dari tujuan, kendala, dan sumber daya yang tersedia. Siswa akan mempelajari topik yang relevan dengan proyek mereka dan membuat rencana kerja yang terstruktur. Rencana kerja tersebut meliputi langkah-langkah yang harus dilakukan dalam proyek, sumber daya yang akan digunakan, serta kendala-kendala yang mungkin terjadi selama proses pembelajaran. Selain itu, siswa juga akan mempelajari keterampilan yang relevan dengan proyek, seperti keterampilan riset, pemecahan masalah, dan presentasi.

Tahap Pelaksanaan Proyek

Tahap pelaksanaan proyek merupakan tahap dimana siswa akan mulai memulai proyek mereka. Pada tahap ini, siswa akan mengumpulkan informasi, menganalisis data, dan menciptakan solusi. Siswa juga harus bekerja sama dalam kelompok, memecahkan masalah, dan membangun keterampilan sosial dan interpersonal. Selain itu, pada tahap ini siswa akan belajar mengembangkan keterampilan teknis yang relevan dengan proyek, seperti penggunaan teknologi atau perangkat lunak yang dibutuhkan.

Tahap Presentasi Hasil Proyek

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun