Mohon tunggu...
Agustinus Wahyono
Agustinus Wahyono Mohon Tunggu... Arsitek - Penganggur

Warga Balikpapan, Kaltim sejak 2009; asalnya Kampung Sri Pemandang Atas, Sungailiat, Bangka, Babel, dan pernah belasan tahun tinggal di Yogyakarta (Pengok/Langensari, dan Babarsari). Buku tunggalnya, salah satunya adalah "Belum Banyak Berbuat Apa untuk Indonesia" (2018) yang berisi artikel non-fiksi dan berstempel "Artikel Utama" di Kompasiana. Posel : agustinuswahyono@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Buku Kumpulan Artikel Utama yang Kedua

20 Maret 2019   23:04 Diperbarui: 24 Maret 2019   20:41 427
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Masih dalam rangka mengabadikan karya sendiri sekaligus mewujudkan salah satu resolusi 2019, saya sedang menyiapkan buku "Surga Siap Saji" (S3). Buku S3 merupakan buku kedua setelah Belum Banyak Berbuat Apa untuk Indonesia (2018) untuk kumpulan "Artikel Utama" (Headline) di Kompasiana.Com sekaligus penanda lima tahun saya berkarya di media pelopor jurnalisme warga (Citizen Journalism) ini.

Buku S3 berukuran 14 cm x 20 cm. Jenis kertas yang digunakan ialah Ivory 260 gram untuk sampul, dan Book Paper 72 gram untuk halaman isi dengan cetak hitam-putih saja. Ya, sama dengan buku pertama saya.

Ada satu lagi buku yang siap saya cetak, yaitu kumpulan artikel "Pilihan" yang berjudul Arsitek yang Menulis (AyM). Buku Aym berukuran 14 cm x 20 cm, berjumlah 116 halaman, ber-ISBN 978-602-51497-5-7, dan berisi 24 artikel non-fiksi yang berkaitan dengan arsitek, arsitektur, dan beberapa hal yang sedikit berkaitan dengan itu. Paling tidak, dengan adanya buku Aym sekaligus berisi ilustrasi yang aduhai, saya turut membuktikan bahwa menulis merupakan hal yang sama sekali tidak istimewa bagi seorang arsitek.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Bocoran dari Isi Buku
Buku S3 berisi delapan belas artikel non-fiksi. Durasi waktu penayangannya di Kompasiana.Com berkisar 17 Oktober 2018 s. d. 19 Maret 2019.

17 Oktober 2018 adalah kemunculan artikel saya yang berjudul "Surga Siap Saji" di rubrik Analisis (Kotak Suara). Saya pikir, judulnya aduhai juga kalau dijadikan judul buku kedua. Dan, memang judul untuk buku kedua ini sudah saya persiapkan sejak artikel itu berstempel "Artikel Utama".

Sejak terbitnya buku pertama, saya memang lebih bersemangat lagi untuk terus menulis di Kompasiana.Com, karena saya berharap akan terbit buku kedua berstempel sama. Lalu, ketika artikel "Surga Siap Saji" mendapat stempel yang sama, saya jadikan penyemangat untuk mewujudkan harapan saya sendiri.   

Kemudian disusul oleh artikel-artikel lainnya hingga terkumpul delapan belas artikel. Kesemuanya bertebaran di rubrik yang berbeda. Kandidat (masih satu grup di Kotak Suara), Gaya Hidup, Kuliner, Media, Transportasi, Humaniora, Hukum, Birokrasi, Politik, Pemerintahan, dan Bisnis.

Dan, sebagai pelipur kejenuhan mata, saya sertakan ilustrasi, baik ilustrasi biasa, kartun opini, maupun karikatur tokoh tertentu. Beberapa karikatur itu, misalnya Yusril Ihza Mahendra, Prabowo, Wiranto, dan lain-lain yang saya kerjakan sendiri.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Penulis Kata Pengantar
Kalau buku pertama dan Aym tanpa kata pengantar, kali ini (buku S3) saya berikan kata pengantar dari seorang pembaca. Boleh, dong, sesekali kata pengantarnya dibuat oleh orang lain?

Kawan yang menulis kata pengantarnya juga seorang kompasianer dan akrab dengan "Artikel Utama". Alasan saya, pertama, artikel-artikel dalam buku S3 berasal dari tayangan saya di Kompasiana.Com. Paling tidak, dia pernah "mengintip" artikel-artikel saya.

Alasan kedua, dari keakrabannya dengan "Artikel Utama", paling tidak, daya membaca serta tanggapannya sangat memadai dan mumpuni. Tentu saja, artikel-artikelnya pun biasa berstempel "Artikel Utama". Kebetulan, dia sudah menghasilkan ratusan artikel berstempel itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun