Mohon tunggu...
Agustinus Wibowo
Agustinus Wibowo Mohon Tunggu... Orang biasa yang terus belajar

Praktisi sales dan marketing yang belajar menulis tentang apa saja

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mengenal Perbedaan Batik Tulis, Cap dan Kain Print Motif Batik

24 Oktober 2020   19:59 Diperbarui: 24 Oktober 2020   20:10 13 2 0 Mohon Tunggu...

Perbedaan jenis batik tidak hanya dari segi motifnya saja namun juga dapat dibagi berdasarkan proses pembuatannya. Hal inilah yang membuat batik sebagai suatu maha karya dan sebuah warisan budaya dengan nilai seni yang terbilang tinggi. Ciri khasnya tidak bisa disamakan antara satu daerah dengan daerah lain.

Jika Anda merupakan pecinta batik, pasti tidak akan asing dengan istilah jenis tulis, cap dan yang terbaru adalah print. Tiga jenis ini dibedakan berdasarkan proses pembuatannya yang menentukan kualitasnya. Sehingga tidak heran jika dikenal memiliki harga rendah atau pun harga tinggi. Berikut perbedaan masing-masing kelas.

Batik Tulis, Jenis Manual Beserta Ciri-Cirinya

Batik tulis menjadi kelas dengan nilai seni tinggi. Tidak heran jika harganya membumbung dibandingkan cap dan print. Hal ini didasarkan pada proses pembuatan yang rumit dan sulit. Setiap bagian dilakukan secara manual menggunakan tangan. Sehingga hasilnya luar biasa tidak sama dengan jenis lainnya.

Pasalnya, proses penggambaran desain dilakukan secara manual. Sehingga hasil dan ukuran antara satu motif pasti berbeda. Inilah letak seninya karena kain yang digunakan tidak akan ada yang menyamai. Biasanya kain ini juga memiliki warna yang sama antara bagian depan belakang karena satu proses pewarnaan.

Pewarna yang digunakan berasal dari pewarna alami layaknya kulit kayu atau pun dedaunan. Sehingga hasilnya lebih disukai karena aman untuk manusia. Aroma lilin sangat terasa di kain yang membuat perbedaan jenis batik tulis dengan motif lainnya. Kain ini dijual dengan harga mahal hingga jutaan rupiah.

Motif tulis dengan sejuta keindahannya terbilang langka. Proses pembuatannya juga begitu lama karena dipengaruhi oleh faktor cuaca dan alam. Mengingat proses pembuatannya dilakukan dijemur di bawah sinar matahari tidak sama layaknya kelas cap yang sehari jadi.

Batik Cap, Sebagai Jenis Penengah

Jenis cap dikenal sebagai kelas penengah antara print dengan tulis. Pasalnya, proses pembuatan masih menggunakan malam. Namun, terdapat perbedaan jenis batik ini dengan motif tulis. Pasalnya, pembuatan desain dilakukan menggunakan lempengan besi berukuran pola tertentu.

Batik cap bisa disebut sebagai motif semi manual karena sudah menggunakan teknologi dan tidak hanya tangan murni. Desain yang dihasilkan juga tidak serumit motif tulis. Biasanya, polanya berupa ukiran gambar yang diulang-ulang dengan teratur sehingga tercipta kesinambungan pola.

Jenis cap dikenal memiliki motif sederhana dengan pilihan yang beragam. Biasanya warna yang digunakan lebih terang atau pekat untuk bagian depan. Pewarna yang digunakan tidak murni dari pewarna alami sehingga harganya lebih murah. Motif cap dijual dengan satuan 2 X 1 meter untuk setiap kainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x