Mohon tunggu...
Agustinus Marjito
Agustinus Marjito Mohon Tunggu... Guru - Saya adalah seorang pendidik sekolah dasar dan memiliki kecintaan pada dunia pendidikan anak-anak.

Praktisi pendidikan Dasar di Yogyakarta. Menempuh pendidikan di De Lasalle University Manila, Philipine dengan fokus Management Pendidikan dan kepemimpinan sekolah.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Karakter Kuat Generasi Muda Kunci Sukses di Era Ketidakpastian

1 April 2022   23:46 Diperbarui: 1 April 2022   23:55 107 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Disrupsi karena perkembangan teknologi dan informasi telah terjadi dalam dunia kerja. Dunia kerja di era digital menuntut kompetensi yang kompleks. Kondisi demikian merupakan tantangan yang besar bagi dunia pendidikan formal maupun tidak formal untuk menyiapkan generasi muda kita agar siap memasuki dunia kerja yang telah berubah. Kita yang berkecimpung dalam dunia pendidikan tidak boleh diam dan berpangku tangan membiarkan anak-anak meninggalkan bangku sekolah dan memasuki dunia kerja mereka, tanpa kompetensi yang dibutuhkan. Perubahan dalam cara mendidik dan mengajar sangat mutlak dilakukan sekarang juga, agar pendidikan dan pengajaran benar-benar relevan dengan kebutuhan generasi muda kita.

                                                                                                              (Foto dokumen pribadi)

Apa yang dibutuhkan oleh generasi muda dan apa yang perlu dipersiapkan sejak mereka belajar di jenjang sekolah dasar? Pembentukan karakter dan ketrampilan untuk belajar secara mandiri sangat dibutuhkan peserta didik untuk sukses di masa yang akan datang. Mereka perlu sekali mengenali siapakah dirinya dan percaya diri akan kekuatan dan mengetahui tantangan atau kelemahannya serta harus tahu bagaimana mengelola kelemahan tersebut menjadi peluang untuk terus belajar hal yang baru. 

Menanggapi hal ini, SD Pangudi Luhur Yogyakarta, memberikan pelatihan dan pendampingan mental-rohani khususnya bagi para siswa kelas VI. Mereka dipersiapkan untuk menghadapi tantangan di depan mereka. Tantangan yang paling dekat adalah menyelesaikan program pendidikan di SD Pangudi Luhur Yogyakarta dengan menempuh Ujian Sekolah dan Asessment Standar Pendidikan Daerah. Dalam latihan ini peserta didik diajak untuk mengenal diri baik potensi maupun kelemahannya. Mereka juga di ajak untuk mempelajari karakter-karakter positif untuk membangun diri mereka menjadi pribadi yang kuat dan siap menghadapi tantangan masa depan.

membangun-menara-sukses-62472b9e95105178fc467b15.jpeg
membangun-menara-sukses-62472b9e95105178fc467b15.jpeg
                                                                                                                     (Foto dokumen pribadi)

Ada enam pernyataan yang diyakini peserta latihan untuk dapat sukses dimasa yang akan datang. Kepada peserta didik diajak untuk mengembangkan prinsip-prinsip Growth mindset dalam diri mereka. Prinsip-prinsip tersebut adalah sebagai berikut: 

1. Saya percaya bahwa kecerdasan dapat dikembangan dengan kerja keras dan berlatih.

2. Saya percaya dapat mengubah karakter menjadi lebih baik.

3. Saya percaya usaha keras diperlukan untuk berhasil.

4. Saya percaya jika aku gagal itu merupakan kesempatan untuk belajar yang baru.

5. Saya percaya bisa melakukan pengembangan diri terus menerus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan