Mohon tunggu...
Agustinus Tamen
Agustinus Tamen Mohon Tunggu... Sekolah bisa tamat, tapi belajar tak pernah tamat.

Freelancer, Jurnalis & Editor

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pembumian Pancasila Membutuhkan Keteladanan Tokoh Masyarakat

27 Juli 2020   13:37 Diperbarui: 27 Juli 2020   13:33 41 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembumian Pancasila Membutuhkan Keteladanan Tokoh Masyarakat
Anggota MPR RI asal Kalbar Maria Goreti menyampaikan pesan nilai-nilai Pancasila di hadapan para tokoh masyarakat di Kab. Bengkayang, Kalbar.

BENGKAYANG -- Anggota MPR RI/DPD RI asal Kalbar Maria Goreti mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bekerja sama, saling asih, asah dan asuh. 

Maria menyampaikan hal itu di depan para tokoh masyarakat Kec. Teriak, Kab. Bengkayang, Prov. Kalimantan Barat. Ia mengingatkan masyarakat dengan dasar negara, pondasi terbentuknya negara Republik Indonesia yakni Pancasila. Pancasila mestinya dijadikan spirit dalam menata pemerintahan dan pembangunan nasional.

"Aparatur desa sekarang ini menjadi tonggak terdepan dalam menyangga NKRI dan dalam sistem pemerintahan paling dekat dengan masyarakat. 

Oleh karena itu, sangat tepat para aparatur desa juga menjadi pionir penegak dan penjaga Pancasila," kata perempuan Kalbar yang sedang memasuki periode keempat sebagai senator.

Maria Goreti juga mengajak para aparatur desa agar setiap hari  bersyukur atas tanah air yang kaya dan subur, gunung, lembah, ngarai dan alam yang indah. Ada Gunung Bawakng di Bengkayang. 

Ada air terjun dan Riam Marasap. Dan secara khusus di Kec. Teriak ada objek wisata alam nan indah Setangga Lestari. Tepatnya di Desa Sabente Kec. Teriak. 

Objek wisata ini menawarkan keindahan kebun karet berpadu kebun jagung, kolam ikan dan sungai yang masih alami, merupakan pemberian gratis dari Tuhan Yang Maha Kuasa kepada umat dan masyarakat di Kab. Bengkayang dan sekitarnya. 

Yang tidak kalah penting adalah juga bersyukur atas Bangsa Indoneia yang memiliki Pancasila dan UUD 1945 dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Setelah bersyukur kita merawat Bangsa yang beraneka-ragam suku bangsa agama serta tradisi dan kebudayaannya.

Kab. Bengkayang termasuk satu dari lima kabupaten perbatasan darat yang ada di Prov. Kalimantan Barat. Memiliki alam yang indah, beberapa air terjun alami, udara sejuk dan relatif bersih dengan pegunugan indah dan masih berdaya magis. 

Tanahnya subur. Tak heran Presiden RI kedua Soeharto dulu membuka area luas di Kab. Bengkayang bagi pemukiman transmigrasi dari Pulau Jawa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN