Mohon tunggu...
wulanindri
wulanindri Mohon Tunggu... Administrasi - agustin

Penyuka tanaman, buku-buku novel, toko buku dan perpustakaan. Novel di platform storial berjudul "meraba waktu"

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Main Paper Doll (Gagambaran Babajuan)

26 Januari 2022   21:05 Diperbarui: 26 Januari 2022   21:07 189 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Main gagamaran, kalau wanita biasanya main babajuan atau papar doll, dulu bisa di beli di pasar tradisional di tukang mainan anak anak, biasnya ada dua gambar manusianya, terus baju baju yang bagus sekali, gaun, rok dengan baju kaos pendek, ada juga yang pake jaket, ada juga rok panjang dengan baju kemeja, dll. Lulu lucu banget, modelnya warnanya. Indah sekali. Suka pandang lama lama. Kadang ada di pinggir nya tuh gambar topi, tas, bunga, perhiasan dan sepatu dan aksesoris lainnya.

Mainnya yakni dengan membuka satu satu gambar manusia, baju di kertas paper doll yang tinggal di cabut saja. Juga ornamennya lalu main, ajak teman kita main di rumah kita atau bisa juga di rumah dia.

Biasanya mereka punya gambar yang beda. Lalu bikin rumah rumahan yang di bikin dari kertas, tempat tidurnya, kursinya, meja, alat alat dapur nya dll.

Atau kalau mainnya di teras rumah bisa bikin rumah rumahan dari bunga bunga dan daun daunan yang bisa dipetik di sekitar rumah. Di bikin temboknya dari bunga bunga, ruang ruangnya. Ada pohon pohon nya pake lumut, dll. Cantik sekali.

Terus maen deh. Paper doll, bajunya satu persatu bisa di pake, baju yang model nya santai bisa di pake main sama gambar milik teman, baju mana yang lebih bagus. Sekarang tuh rame ootd, outfit of the day. Gak jauh sama yang kayak gitu. Ke pasar pake ootd apa, ke pesta, jalan jalan. Di rumah sambil nonton tv pake ootd apa gitu, dulu tuh gak ada tuh yang gambar manusianya pake kerudung paling pake topi kayak orang orang kerajaan Inggris gitu. Tapi sekarang ada.

Sekarang paper doll juga bisa kita temukan di kalender anak, buku.
Seru ya, sampai ada yang jago bikin sketsa gaun gaun cantik banget loh, liat paper doll yang babajuan tuh. Kalo saya tuh jadi bisa bikin baju ngaji buat adek, bikin baju sanlat juga dengan hiasan garis garis nya meski tak seindah gaun di paper doll tapi udah sampai bisa di pake sama aku sendiri buat ngaji. Terus padu padan pakaian yang bagus.

Sekarang makin banyak koleksi yang dulunya cuma sketsa dari gagambaran babajuan alias mainan anak anak yang di jual. Penampakannya gak jauh beda gaun gaun buat ke hajatan, nikahan, hari raya dll, jaket jaket yang menyatu dengan kaus dan roknya yang lucu lucu banget.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan