Mohon tunggu...
wulanindri
wulanindri Mohon Tunggu... Administrasi - agustin

Penyuka tanaman, buku-buku novel, toko buku dan perpustakaan. Novel di platform storial berjudul "meraba waktu"

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Mengenal Tanaman Jagung

14 Januari 2022   07:58 Diperbarui: 14 Januari 2022   08:02 183 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tanaman ini tumbuh tinggi, berbulu dan daunnya panjang panjang, buahnya tumbuh dibagian batang, ada rambut jagungnya di ujung buah jagung. Biasanya berwarna merah. Buah jagung akan membesar dan rambutnya berubah dari yang warnanya putih menjadi merah. Kemudian mengering jika sudah tua.

Bibit jagung berasal dari biji jagung yang sudah tua yang ditanam pada tanah yang sudah di lubangi dengan aseuk(bhs. Sunda) alat untuk membuat lobang tanaman dari kayu atau di beri lekukan untuk menyimpan biji jagung yang kemudian di tutup dengan tanah. 

Tumbuhan jagung di tanam ditegalan atau kebun dan dapat tumbuh dengan cepat saat di tanam menjelang musim hujan.

Biasanya saat tanaman jagung memiliki tinggi sekitar 20 cm tanaman jagung di siangi dibersihkan dari tanaman pengganggu dan di beri pupuk, karena penanaman jagung biasanya dalam skala yang besar untuk lebih efektif seringkali di pakai pupuk kimia urea dan setelah tumbuh lebih tinggi lagi sekitar 30 cm di beri pupuk kimia npk. Urea berwarna putih sementara npk berwarna kuning.

Setelah pemberian pupuk biasanya tanaman jagung dibiarkan hingga beberapa bulan. Ada yang dipanen lebih awal jagung pentil atau jagung muda yang biasa dipakai untuk membuat masakan tumisan capcay bersama wortel, burkol, dan jamur kuping. Ada juga yang dibiarkan besar jadi jagung manis untuk di bakar atau di rebus. Dibuat suop jagung.

Sementara jagung tua dapat di olah jadi boder  puding jagung, Aci dari tepung jagung disebut maizena dan sering dijadikan bahan tambahan yang penting untuk beragam masakan. Diolah jadi makanan ringan berondong jagung. 

Borondong merupakan pengolahan makanan dengan menggunakan mesin pembuat brondong. Bahan yang biasanya djadikan borondong yaitu jagung dan beras. Borondong yang berasal dari pipilan jagung yang sudah tua dan bertekstur keras ini dikenal nama popcorn. 

Makanan ini biasa dijadikan cemilan yang wajib dibeli saat nonton di bioskop. Ada juga jagung yang sudah tua yang pipilan nya bisa di masak sehingga meletup jadi borondong. Ada juga nasi jagung, pipilan jagung yang di kukus dan di jadikan makanan utama dan kripik jagung.

Jagung ada varietas hibrida jadi satu batangnya ada dua buah jagung yang tumbuh. Biasanya satu tangkai hanya satu buah jagung. Ada jagung kuning, ada jagung merah, ada jagung ungu hasil pemuliaan tanaman ada juga satu bonggol memiliki biji jagung yang warna warni. Bonggol jagung keras. Menjadi tempat biji jagung tumbuh.

Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat disamping beras, gandum, singkong dan umbi umbian lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan