Mohon tunggu...
wulanindri
wulanindri Mohon Tunggu... agustin

Penyuka tanaman, buku-buku novel, dan pendengar yang baik

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Kuliner Aman Selain Daging Hewan Darat, Jangan Was-Was

20 Juni 2021   00:28 Diperbarui: 20 Juni 2021   01:05 66 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kuliner Aman Selain Daging Hewan Darat, Jangan Was-Was
screenshot-251-60ce1a3850dc7773c5776f14.png

                                                                                   https://www.ubudfoodfestival.com/indonesian-superfoods-tempe/

Jika bicara perjalanan jauh seperti keluar negeri atau boleh jadi di dalam negeri namun tersesat baik secara secara di sengaja maupun secara begitu saja di suatu tempat yang agak-agak diragukan nih ke-halal-lan nya maka solusi terbaik selain ingat yang halal di rumah, makan buah-buahan, sayur-sayuran termasuk jamur juga kacang-kacangan kalau dikacangin mending marah aja tidak termasuk terong-terongan dan cabe-cabean yakni makan sea food sebagai sumber protein hewaninya tidak termasuk putri duyung. Jangan was-was karena boleh jadi ketika kita masuk kesebuah restoran atau tempat makan atau street food-street food jajanan yang di jajakan di pinggir-pinggir jalan dan ada campuran daging nya baik itu daging ayam, daging burung, daging kerbau, daging sapi, daging domba dan sejenisnya yang biasa di konsumsi belum tentu di sembelih secara islam dan bahan nya pun kemungkinan ada kandungan minyak babinya dan kita cukup yakin bahwa makanan itu tidak halal maka lebih baik mencari makanan yang lain yang bahannya tidak diragukan kehalalannya, dan pastikan untuk mengetahui bahwa proses pengolahannya tidak menggunakan bahan-bahan yang haram, arak, ganja, dsj. 

Apalagi jika bersekolah atau bekerja di luar negeri yang mayoritas penduduknya bukan muslim, menetap dalam waktu yang cukup lama membutuhkan kesiapan tertentu selain ilmu mengenai halal dan haramnya suatu hidangan makanan juga kewaspadaan untuk tidak mencoba apalagi membiasakan makan-makanan yang diragukan kehalalannya. Kalau yang haram jelas harus dijauhi. Seperti makan daging babi, minum-minuman yang mengandung alkohol, vodka, anggur merah dsj. Atau mengandung bahan yang memabukan seperti ganja atau berupa makanan unik semisal daging hewan-hewan buas yang bertaring dan berkuku, ular, kelelawar, anjing, kucing, tikus dsj. Hewan yang bisa hidup di dua tempat di darat dan di air, kecoa, katak dsj maka jelas harus dijauhi. Dan mencari alternatif makanan yang lain yang memang tidak ada keraguan ketika mengkonsumsi nya. Bukan kah dibandingkan makanan yang haram lebih banyak pilihan makanan yang memang sudah jelas kehalalnya. Begitupun mengenai bumbu lebih banyak varian bumbu halal yang bisa di gunakan, bisa dengan mengkombinasikan ragam jenis rempah yang berasal dari tumbuhan yang aman dan tentu tidak memabukan, juga penggunakan minyak yang murni dari tumbuhan. Juga pembuatan kaldu pakailah daging atau tulang hewan yang disembelihnya secara islami. Atau alternatif yang aman dapat menggunakan jamur dan seafood. 

Begitupun jika membeli bahan-bahan yang sudah di olah, lebih lanjutnya dibungkus, kemudian di beri merek dan di beri logo halal. Jika di negara yang mayoritas berpenduduk muslim tentu lebih mudah menemukan bahan dan olahan makanan yang kehalalannya tidak diragukan jika dibandingkan di negara yang mayoritas penduduknya non muslim. Meski demikian tetap saja alternatif bahan makanan halal untuk membuat hidangan yang halal lebih banyak jika dibandingkan beberapa makanan yang diharamkan dalam islam. Kalau di indonesia sendiri merupakan produsen terbesar bahan makanan halal cap MUI maka kualitasnya lah yang lebih banyak menjadi bahan perhatian kita pastikan mengenai kemasan tidak ada yang cacat, kemudian pastikan tanggal kadaluarsanya masih baru tidak ada bekas hapusan atau tinta yang tanggalnya menghimpit di bekas tinta lama. Harus jeli baik ketika belanja di pasar tradisional maupun di pasar modern. 

Jika bicara mengenai produk selain bahan makanan semisal barang-barang untuk di pakai sehari-hari baik itu benang, kain, kemudian menjadi baju, ban plastik, hingga kulkas bahkan bahan karet untuk tombol remot kontrol ada standar kualitas tertentu nya yang harus di jaga. Apalagi menyangkut bahan makanan yang untuk di konsumsi sehari-hari dan masuk kedalam tubuh kita, maka sebisa mungkin jika ada kemungkinan lolos standar untuk hasil olahan atau bahan makanan tertentu maka harus kitanya yang belajar untuk berbelanja lebih jeli dan pastikan untuk menyampaikan keluhan ke pegawai pasar modern atau si penjual di pasar tradisional agar tidak ada produk makanan di luar standar yang kemudian lolos lagi di pasaran. 

Banyak bahan makanan halal baik yang berasal dari darat maupun dari laut, tumbuh-tumbuhan maupun hewan-hewanan yang bisa di konsumsi dan di olah dikreasikan untuk dijadikan hidangan yang lezat. Tidak termasuk putri duyung.

VIDEO PILIHAN