Mohon tunggu...
Karangseneng
Karangseneng Mohon Tunggu... Publikasi Kegiatan KKN

Publikasi Kegiatan KKN Tim II Undip 2019 Desa Karangseneng Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Monodisiplin, Edukasi Pemilahan Sampah dan Alternatif Pengolahan Sampah Organik

21 Agustus 2019   04:00 Diperbarui: 21 Agustus 2019   04:07 0 0 0 Mohon Tunggu...
Monodisiplin, Edukasi Pemilahan Sampah dan Alternatif Pengolahan Sampah Organik
penyerahan modul dan poster oleh Ega Ghifari dari prodi Teknik Lingkungan, kepada perwakilan dari acara yasinan setempat.

Karangseneng -- (01/08/19) Salah satu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2019 Desa Karangseneng melakukan edukasi pemilahan sampah dan alternatif pengolahan sampah anorganik. Edukasi mengenai sampah ini diberikan oleh Ega Ghifari Pratomo dari program studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, kepada masyarakat di dusun Karangseneng bertempat di rumah warga setempat yang hendak melakukan acara yasinan rutin. Pelatihan dimulai sekitar pukul 18.30 WIB sebelum acara yasinan tersebut dimulai.

Edukasi mengenai sampah organik dan anorganik ini dimulai dengan pemberian materi tentang definisi sampah, bahaya dari sampah, bahaya pembakaran sampah, jenis-jenis sampah, dan jenis-jenis pengolahan sampah. Setelah presentasi selesai, sesi tanya jawab dimulai dan dilanjutkan dengan penyerahan booklet dan poster tentang sampah yang berisi klasifikasi sampah dan jenis-jenis pengolahan yang dapat dilakukan oleh warga setempat.

Edukasi tentang pemilahan sampah sangat penting untuk dilakukan, karena dengan adanya edukasi tentang sampah warga di dusun karangseneng nantinya masyarakat akan mengerti dampak yang ditimbulkan dari sampah itu sendiri apabila tidak dilakukan tindakan yang sesuai. Selain itu, pemberian edukasi tentang pengolahan atau alternatif sampah yang diberikan sangat penting karena akan membuka wawasan warga untuk mengerti bagaimana membedakan sampah yang memiliki nilai jual. Warga juga diberi contoh hasil olahan dari sampah anorganik yang dapat digunakan kembali dan memiliki nilai estetika lingkungan.