Mohon tunggu...
agus siswanto
agus siswanto Mohon Tunggu... Guru - tak mungkin berlabuh jika dayung tak terkayuh.

Guru Sejarah yang mencoba untuk menulis.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Siapa Berani Pegang Wales?

26 Juni 2021   22:00 Diperbarui: 26 Juni 2021   22:16 50 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Siapa Berani Pegang Wales?
sumber: AFP.kompas.com

Sekitar 1 jam lagi laga pembuka 16 besar Euro 2020 dimulai. Menurut kalender yang dilansir laga akan dilakukan di Johan Cruyff Arena, Amsterdam. Sebuah laga knock out yang memaksa tim yang kalah harus angkat koper meninggalkan arena.

Laga awal yang dihelat secara kualitas memang tidak seseru laga Jerman -- Inggris, ataupun Belgia -- Portugal. Kedua laga tersebut terhitung sebagai laga yang ditunggu para penggila bola di mana pun. Laga pembukan 16 besar menyajikan pertandingan antara Wales -- Denmark. Namun tetap saja lag aini pasti akan memikat, karena taruhan tersingkir dari turnamen bukan sebuah keinginan.

Secara hitung-hitungan perjalanan mereka masuk 16 besar pun hampir sama. Keduanya maju ke babak 16 besar dengan posisi runner up. Posisi yang cukup menguntungkan. Karena dalam undian mereka terbebas dari pertemuan dengan para calon juara. Terbukti sebagai sesame runner up mereka dipertemukan dalam lag aini, dan berarti kans keduanya sama besarnya.

Dalam perjalanan ke 16 besar, prestasi keduanya tidak terlalu mengkilap. Tengok saja apa yang didapatkan oleh Denmark. Ledakan tim ini luar biasa pada laga terakhir di fase grup. Ledakan mereka mampu meluluhlantakan pasukan Rusia. Empat gol mereka lesakkan ke gawang Rusia. Namun di sisi lain, mereka keok di dual aga lainnya. Denmarka harus mengakui kehebatan Finlandia 0 -- 1, dan takluk di tangan Belgia dengan skor 1 -- 2. Sehingga keberhasilan mereka ke babak 16 besar semata karena perhitungan goal dengan peringkat 3 dan 4 karena nilai ketiganya sama-sama 3.

Prestasi pasukan Gareth Bale pun tak begitu mengkilap. Nilai 4 yang mereka kantongi dari dual aga dengan hasil seri dan satu kemenangan menjadi catatan mereka. Belum lagi hanya 3 gol yang mereka lesakkan ke gawang lawan. Namun mereka terhitung hebat, karena hanya kebobolan satu gol dari Italia.

Seru tidak partai nanti malam. Pasti seru. Selain babak knock out yang mereka jalani, terlihat juga pada head to head keduanya. Dalam 10 pertemuan mereka, Denmark hanya mampu memenangi 6 laga, selebihnya menjadi kemenangan Wales. Perbandingan ini saja sudah menunjukkan bahwa laga keduanya pasti seru. Maka tak salah jika ada media yang berani memasang prediksi Wales 45 -- 55 untuk Denmark.

Bagi saya sendiri, siapa pun pemenangnya pasti seru. Keinginan pasukan Dinamit memberikan kado bagi Cristian Eriksen akan berhadapan dengan keinginan Gareth Bale membawa pasukannya dengan kemenangan. Nah, mau apa lagi. Tunggu saja laga mereka.

Lembah Tidar, 26 Juni 2021

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x