Mohon tunggu...
agus siswanto
agus siswanto Mohon Tunggu... tak mungkin berlabuh jika dayung tak terkayuh.

Guru Sejarah yang mencoba untuk menulis.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Sekolah Swasta Pelengkap Pendidikan Indonesia

4 Mei 2021   13:10 Diperbarui: 5 Mei 2021   10:15 88 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sekolah Swasta Pelengkap Pendidikan Indonesia
news.detik.com

Tak dapat dipungkiri bahwa kenyataan inilah yang terjadi di beberapa daerah. Keberadaan sekolah-sekolah swasta perlahan tumbang satu persatu. Sebuah realita yang begitu miris jika dikaitkan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini, 2 Mei 2021.

Padahal, sebenarnya sekolah swasta hendaknya menjadi mitra dalam mencerdaskan bangsa ini. Keberadaannya menjadi elemen penting dalam sebuah sistim. Sumbangsih mereka tidak kecil dalam menghasilkan orang-orang hebat di negeri ini.

Namun kembali, semua itu terjadi puluhan tahun yang lalu. Saat sekolah negeri masih laksana jamur di musim kemarau, masih sangat jarang. Maka bukanlah hal yang mengherankan jika banyak orang hebat di negeri ini justru berasal dari sekolah-sekolah swasta yang hebat di jamannya. Bahkan mereka mampu berdiri sejajar dengan sekolah negeri yang ada pada saat itu.

Pemandangan yang terjadi saat ini, sangat jauh berbeda. Beberapa sekolah swasta yang hebat di jamannya, harus melakukan berbagai daya upaya untuk bertahan. Walaupun memang saat ini harus diakui masih ada sekolah swasta yang mampu bersaing atau bahkan melampaui sekolah negeri dalam urusan prestasi. Namun secara presentase sangat kecil, jika dibandingkan dengan sekolah swasta yang dalam kondisi memprihatinkan.

Penambahan Rombongan Belajar di Sekolah Negeri

Salah satu faktor penyebab perubahan ini adalah penambahan rombongan belajar di sekolah-sekolah negeri. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa hampir setiap tahun sekolah-sekolah negeri selalu membuka rombongan belajar baru. Termasuk di antaranya pembukaan sekolah negeri baru di berbagai tempat.

Meskipun katanya telah ada koordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat, langkah ini bak hantaman tsunami bagi sekolah-sekolah swasta. Iming-iming uang sekolah gratis menjadi daya tarik luar biasa bagi sebagian besar orang tua siswa. 

Maka tak mengherankan jika mereka berbondong-bondong menyerbu sekolah negeri tanpa mempertimbangkan kualitas pendidikan yang ada. Sedangkan sekolah swasta mereka tempatkan entah di urutan ke berapa.

Pengangkatan Guru Swasta menjadi CPNS

Faktor yang tak kalah menarik adalah saat Penerimaan CPNS Guru yang dilakukan oleh pemerintah. Berkaitan langsung atau tidak, ternyata hal ini pun menjadi gempa hebat bagi sekolah-sekolah swasta. Mungkin masih belum hilang dari ingatan kita, saat terjadi eksodus guru-guru sekolah swasta ke sekolah negeri pada tahun 2005.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN