Mohon tunggu...
Agus Saefudin
Agus Saefudin Mohon Tunggu... Guru Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Bawang Kab. Banjarnegara Prov. Jawa Tengah

flying to distance with the soft symphony.... hidup itu indah maka jalani dengan senyum dan cinta serta berbagillah karena manusia yang berharga adalah yang memiliki arti bagi sesamanya...

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Cita Terbaik: Manfaat Diri Bagi Negeri

25 Oktober 2019   14:25 Diperbarui: 25 Oktober 2019   14:31 13 0 0 Mohon Tunggu...

Kepada siswa kelas XII SMK

Hai, siswa millenial yang berbahagia dan yang saya banggakan. Sedang apa kamu di sana? Saat malam menjelang bintang berkelipan indah dilatarbelakangi anggun senyum bulan dalam pelukan gulita. Meja belajarmu tentu benderang karena engkau tengah bergelut dengan PR dan seabrek tugas lainnya dari banyak mapel yang tengah kau pelajari. Lelahkah? Rehat sebentar sinambi sruput kopimu agar energi dan senyummu kembali. Memperjuangkan mimpi memang berat apalagi menyangkut masa depan selepas studi. Tak bisa buat mainan kalau tak ingin engkau meyesal belakangan. Setuju?

Saat ini memasuki minggu akhir Oktober dan sebentar lagi November yang pada minggu keempatnya engkau mulai diuji dengan Penilaian Akhir Semester Gasal. Lanjut penerimaan rapor di Desember terus libur akhir semester dan masuk kembali awal Januari 2020. Tahun baru yang tentunya akan menjadi momenmu membangun mimpi baru hingga takkan kau lewatkan.

Lepas itu hari akan menjadi begitu cepat karena engkau akan mulai disibukkan dengan persiapan Ujian Akhir yang rangkaiannya panjang. Mulai dari intensive learning atau les, try out, ujian praktik mapel umum juga uji kompetensi keahlian untukmu mendapatkan sertifikat kompetensi, hingga UNBK dan USBN selesai di bulan Maret.

April menunggu pengumuman dan Mei engkau diwisuda. Purnalah masa putih abu-abumu sejak saat itu. Dan resmi engkau menyandang status baru fresh graduate SMK yang sesuai tujuannya dapat memasuki dunia kerja, kuliah, atau berwira usaha. Ah, masa indah sekolah 3 tahun ternyata tak berasa bukan? Siapkah engkau untuk ini semua? Saya yakin engkau siap karena masa depanmu ada di tanganmu sendiri. Jadilah pejuang tangguh tanpa keluh.

Cita-cita dan mimpi jadikanlah pandu karena ia yang akan menyuntikkan fighter spirit dalam jiwamu. Cita dan mimpi adalah energi. Eh, masih ingat dan tetap konsisten dengan cita-cita, asa, juga mimpi yang kau punya, bukan? Apa itu? Ah, apapun itu jaga, pupuk, pelihara, dan perjuangkan untuk kau wujudkan menjadi realita yang membahagiakan.

Untuk dirimu, keluargamu, handai taulan, sahabat dan terpenting untuk yang menyayangi dan disayangi olehmu. Untuk itu siapkan diri dari semenjak kini. Untukku, cita dan mimpi terbaik adalah saat apa yang kau lakukan memberi manfaat untuk sesama juga bagi negeri serta pada tataran lebih luas bagi alam semesta. Dengan demikian keberadaanmu sungguh berharga.

Temanku bilang hablum minannas diutamakan karena nilai kemanusiaan kita terletak pada seberapa besar manfaat kita untuk manusia lainnya, syukur pula memberi manfaat bagi semesta. Tentunya dengan tidak melupakan hablum minallah juga kan? (eh, yang ini tidak usah diumbar karena bisa jadi riya, loh).

Ah, apapun mimpi dan cita-citamu, sungguh ku berharap dapat engkau rengkuh one day nanti dan tentunya aku turut bahagia saat mendengar kabar engkaupun bahagia dengan cerita suksesmu. Jadi, raih cita terbaikmu dan berikan manfaat yang besar untuk negeri. Negeri loh jinawi ini membutuhkanmu untuk tanpa lelah memperjuangkan cita mulia tujuan berbangsa. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Semoga engkau termasuk pejuang yang diimpikan pertiwi untuk meraih kembali kejayaan negeri.

Selamat berjuang untuk cita-cita dan mimpimu karena engkau berhak untk bahagia.

Mantrianom, 24102019.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x