Mohon tunggu...
Agus Priono
Agus Priono Mohon Tunggu... Guru - PNS

Guru Bahasa Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Metode STARD (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi, dan Dampak)

30 September 2022   19:05 Diperbarui: 30 September 2022   19:07 290
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi : SMP Negeri 5 Buru

Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama

Tujuan yang ingin dicapai  :Meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi pada peserta didik melalui pembelajaran dengan metode estafet writing atau menulis berantai

Penulis  : Agus Priono, S. Pd

Tanggal : 14  September 2022

Situasi:

Kondisi yang Menjadi Latar Belakang Masalah

Dalam proses pembelajaran menulis puisi di sekolah-sekolah, sebagian besar guru hanya mengajarkan tentang teori-teori puisi dan bagaimana cara menulis puisi yang baik tanpa berusaha membimbing siswa dalam belajar menulis sebuah puisi. Para guru kebanyakan masih menggunakan cara pengajaran lama yang lebih menitikberatkan pada ceramah, tanya jawab, dan penugasan untuk siswa. Pembelajaran menulis puisi yang selama ini biasa dilakukan yaitu guru menjelaskan terlebih dahulu tentang materi menulis puisi. Setelah itu, siswa praktik menulis puisi tanpa adanya media. Namun, strategi pembelajaran tersebut belum seutuhnya efektif.

Ada beberapa latar belakang masalah lain terkait praktik pembelajaran ini harus saya lakukan, yaitu:

  • Minat peserta didik yang masih tergolong rendah
  • Pembelajaran menulis di sekolah belum maksimal
  • Belum maksimalnya penggunaan teknik, strategi, dan media yang digunakan guru dalam pembelajaran
  • Pembelajaran kurang menarik
  • Kurangnya motivasi dari pihak orang tua atau guru
  • Kurangnya minat baca peserta didik
  • Perbendaharaan kata peserta didik terbatas
  • Peserta didik merasa malu dan minder
  • Pengaruh lingkungan keluarga masyarakatnya
  • Pengalaman pembelajaran menulis atau mengarang yang kurang memotivasi dan merangsang minat peserta didik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun