Mohon tunggu...
Agus Nadi
Agus Nadi Mohon Tunggu...

Menebar Manfaat

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

"I'M (Internet Marketing) Brave" Permata Hati

21 Januari 2018   18:35 Diperbarui: 21 Januari 2018   18:51 0 0 0 Mohon Tunggu...
"I'M (Internet Marketing) Brave" Permata Hati
permata bank

I'M (Internet Marketing) BRAVE (Because eveRyone is Able & CreatiVE) Ajang menjawab tantangan penyandang disabilitas "Zaman Now"

Undang-Undang No. 8 tahun 2016 telah mengubah paradigma yang mengharuskan penyandang disabilitas mendapatkan kesempatan yang sama dalam upaya pengembangan dirinya melalui kemandirian sebagai manusia yang bermartabat dalam perspektif hak asasi manusia, sebagaimana yang tertuang dalam pasal 3 UU Penyandang Disabilitas.

Sejalan dengan hal tersebut, PermataBank telah menjalankan amanat dengan memberikan kesempatan kepada penyandang tunanetra untuk berkarya sebagai agen telesales sejak tahun 2010 dan hingga kini terdapat 18 karyawan disabilitas. Dari sisi kinerja, prestasi mereka tidak kalah dibandingkan rekan-rekannya bahkan di beberapa area pekerjaan, para penyandang disabilitas netra ini lebih unggul.    

Tidak berhenti sampai disitu, tahun 2017 lalu PermataHatiCSRsebagai penggerak tanggung jawab sosial perusahaan menginisiasi sebuah program baru yang dikhususkan untuk disabilitas, yaitu BRAVE(Because eveRyone is Able & CreatiVE) yang merupakan wadah berkumpul dan saling berbagi diantara penggerak dan komunitas disabilitas yang diwakili oleh  Precious One dan Fingertalk (tunarungu), Karya Tunanetra atau KartuNet (tunanetra), Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Bina Daksa -- KEMENSOS (tunadaksa) dan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI).

dokumentasi permata bank
dokumentasi permata bank
Program partisipatif tersebut terus bergulir di awal tahun 2018, bersinergi dengan KartuNet dalam penyelenggaraan Kursus Online I'M (Internet Marketing) BRAVEyang diluncurkan sekaligus dalam rangka Hari Braille di bulan Januari dan 12 tahun KartuNet. Selain peluncuran dan demo dari platform I'M BRAVE ini, digelar juga talkshow inspiratif bertema "Berani Sukses dengan Online"dengan menghadirkan narasumber yang ahli dibidangnya.

Tema tersebut diangkat dengan latar belakang sulitnya mengakses sumber pembelajaran yang ada saat ini karena kursus/tutorial yang ada memang diperuntukan untuk kalangan umum, tidak/kurang accessible bagi penyandang disabilitas terutama tunanetra yang jumlahnya diperkirakan sekitar 3,5 juta di Indonesia. Disamping itu, harga kursus Internet Marketing cukup mahal, sehingga memberatkan bagi orang baru yang akan terjun di bidang ini.

Internet Marketing menjadi peluang yang cukup potensial saat ini, dimana setiap orang berpeluang mendapatkan penghasilan dimana saja, kapan saja, hanya dengan gadget dan koneksi internet. Melalui Internet Marketing, penyandang disabilitas mampu mandiri secara finansial, bahkan dapat membuka lapangan pekerjaan, baik bagi dirinya sendiri maupun orang-orang lain di sekitarnya serta memperoleh penghidupan yang lebih layak.

Oleh karena itu, para pembicara talkshowseperti Ridha DM Wirakusumah -- Direktur Utama PermataBank, Mandra Primanta Pandelaki - CMO Bang Joni, M. Mufid Luthfi - CMO dan Co-founder IDCloudHost.com, dan M. Ikhwan Tariqo - Founder Kartunet & Internet Marketing master, akan ditemani oleh Dimas Muharam -- CEO & Founder Kartunet yang akan berperan sebagai moderator. Diharapkan talkshow ini dapat memotivasi para peserta untuk memanfaatkan media daring (online) sebagai peluang usaha dan antusias mengikuti kursus online I'M BRAVE selama 3 bulan.

dokumentasi permata bank
dokumentasi permata bank
Ridha DM Wirakusumah -- Direktur Utama PermataBank mengatakan,"Kami sangat senang dapat menginisiasi program BRAVE dan mendukung penyelenggaraan kursus online I'M (Internet Marketing) BRAVE  bersama Kartunet.  Dari pengalaman kami dengan memberikan kesempatan kerja bagi  para tunanetra di Telesales, mereka adalah pribadi yang tangguh, mandiri dan tidak ingin diberlakukan secara khusus. Beberapa diantaranya bahkan memiliki kinerja yang cukup menonjol dibanding rekan-rekan kerjanya yang normal".

"Oleh karena itu, menindaklanjuti apa yang telah kami rintis di tahun sebelumnya, kami mendukung penuh inisiatif yang dilakukan oleh KartuNet dalam membuat program kursus online I'M (Internet Marketing) BRAVE agar penyandang disabilitas di Indonesia mampu mandiri secara finansial dan dapat bersaing maupun berprestasi layaknya individu lainnya. Dengan demikian semangat keberpihakan terhadap para penyandang disabilitas dapat tetap kami jaga kesinambungannya", pungkas Ridha.

Sementara itu Dimas Muharam - CEO & Founder Kartunet memaparkan," Menginjak usianya yang ke-12, Kartunet secara konsisten menjadi media terdepan bagi komunitas disabilitas dalam berkarya. Inovasi demi inovasi diluncurkan untuk menjawab kebutuhan penyandang disabilitas yang disesuaikan dengan tantangan zaman. Salah satunya adalah dengan membuat kursus onlineI'M (Internet Marketing) BRAVE yang didukung sepenuhnya oleh PermataBank".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2