Mohon tunggu...
Agus Kusdinar
Agus Kusdinar Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta/Content Creator/Exclusive Writer Narativ On Loc Adira

Banyak Menulis tentang Humaniora

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

Inilah 6 Solusi Mencegah Kebangkrutan Warung Eceran

12 November 2022   15:13 Diperbarui: 13 November 2022   17:45 908
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemilik Warung Sedang Melayani Pembeli. (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Fenomena warung eceran yang berada di gang-gang kampung atau perkotaan yang sering disuguhkan berbagai kendala diakibatkan masalah perputaran keuangan dengan adanya yang dagangannya sering diutangkan.

Itu terutama suatu produk yang modalnya besar tetapi untungnya sangat kecil, misal rokok, pulsa, beras dan sejenisnya, ditambah setoran harian untuk bank harian (Bank Keliling) membuat banyak warung-warung mengalami kebangkrutan.

Kenapa ini terjadi? Karena pihak yang ngutang terlalu dekat atau akrab, sehingga tidak bisa menolak untuk utang dan kendala lain seperti memaksakan produk yang laris dijual yang untungnya kecil modalnya besar tetapi uangnya tidak berputar karena diutangkan.

Semua ini perlu dipecahkan dan saya menemukan berbagai kendala yang terjadi ketika berkomunikasi langsung dengan pemilik-pemilik warung, sehingga saya bisa menyimpulkan untuk mencari solusi supaya warung terhindar dari kebangkrutan.

1. Hindari Pengadaan Produk yang Untungnya Sangat Kecil Modanya Besar 

Ilustrasi Rokok (Foto : Tirto.id)
Ilustrasi Rokok (Foto : Tirto.id)
Menolak untuk tetangga atau teman dekat ngutang sepertinya sulit dan hampir semua pemilik warung eceran tidak bisa menolaknya. 

Oleh karena itu kita cari solusi yang terbaik meskipun produk itu merasa laku dijual, tetapi jika tidak menguntungkan apa salahnya kita tidak mengadakan produk itu di warung.

Misal Rokok paling laris di warung, tetapi rokok jika diutangkan akan menjadi kendala atas keberlangsungan warung, karena keuntungan rokok sangat kecil tetapi modal rokok besar yang dibutuhkan adalah perputaran uang.

Tetapi jika diutangkan perputaran uang akan mengendap di rokok sehingga mengganggu produk-produk lainnya yang berdampak kita tidak bisa belanja untuk produk lain, ini sangat berbahaya untuk keberlangsungan warung untuk kuat bertahan.

2. Kembangkan Jaringan Distributor

Sebetulnya kalau warung sudah berjalan lancar dengan manajemen bagus, kita berjualan tidak membutuhkan modal besar, hanya modal kepercayaan warung kita akan berjalan lancar. 

Banyak distributor yang titip jual di warung, yang dibayar setelah barang itu laku dijual, hal ini sangat membantu mempertahankan warung dari kebangkrutan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun