Mohon tunggu...
Agus Kusdinar
Agus Kusdinar Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta/Content Creator/Exclusive Writer Narativ On Loc Desa Wisata/SWJ Ambassador 2023

Banyak Menulis tentang Humaniora

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Kompasiana Rumah yang Cocok untuk Menulis

23 Oktober 2022   02:05 Diperbarui: 23 Oktober 2022   02:25 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengenal Kompasiana sering membaca berita di Kompas.com, setelah itu barulah mengenal Kompasiana sebagai pembaca, selanjutnya berpikir untuk belajar menulis supaya tulisannya bermanfaat bagi orang lain meskipun tulisannya belum maksimal, dan selain itu guna untuk menyimpan sesuatu ide atau gagasan untuk menyimpan file yang sesekali bisa digunakan untuk diri sendiri.

Mulai menulis di Kompasiana tahun 2017 dengan menulis apa yang ada dipikiran langsung saja ditulis di Kompasiana dan pada waktu itu belum tahu betul aturan Kompasiana, meskipun untuk mendapatkan Validasi centang hijau hanya beberapa hari, karena saya aktif di media sosial yang lain juga data pribadi saya sangatlah kumplit, oleh karena itu sangatlah mudah untuk mendapatkan centang hijau.

Sudah beberapa tulisan saya terbitkan, saya semakin faham aturannya dan saya semakin enjoy menulis di Kompasiana untuk obat jenuh di sela-sela aktifitas sehar-hari, dengan hobi nonton bola dan segala sesuatu saya tuliskan di Kompasiana terutama menulis tentang sepakbola Indonesia sehingga sering mendapatkan artikel pilihan dan beberapa artikel utama. 

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Saya pertama mendapatkan penghasilan dari Kompasiana melalui program Content Affiliation meskipun kecil, tapi saya sangat bahagia sekali dengan pendapatan tersebut, karena tulisan saya merasa dihargai di Kompasiana.

Kisah manis menulis di Kompasiana sangat indah sekali, karena saya banyak belajar tentang tulisan dari para senior dengan membaca blognya di kompasiana sehingga saya semakin terpacu untuk menulis meskipun tulisan saya terkesan gado-gado belum bisa mempunyai branding sebagai penulis yang menggeluti satu bidang sesuai kemampuan yang dimiliki, tetapi saya terus menulis dan menulis apa yang ada dipikiran saya.

Selanjutnya saya fakum menulis dalam beberapa tahun di Kompasiana karena saya aktif dalam pembuatan Konten Youtube, meskipun saya fakum menulis, alhamdulilah tulisan saya sering dipakai orang sebagai sumber, ketika saya searching di google sehingga saya kembali lagi menyempatkan waktu untuk menulis di Kompasiana karena tulisan saya merasa bermanfaat bagi orang lain.

HUT Kompasiana yang ke-14 kebetulan saya sudah kembali lagi, benar-benar aktif di Kompasiana yang sebelumnya telah menerbitkan beberapa artikel perminggunya, meskipun tidak banyak tetapi semangat menulis di Kompasiana kembali seperti dulu, apalagi ada program-program yang saya baru tahu seperti K-Rewards dan baru-baru ini ada yang baru yaitu Inffinite Report yang akan membantu penghasilan tambahan uang saku selain sekedar hobi.

Banyak Event di Kompasiana seperti Event KJOG, membuat saya semakin semangat di Kompasiana karena perkembangan Kompasiana semakin berganti tahun semakin banyak perubahan dan hari ulang tahun yang ke-14 menurut saya pribadi yang baru kembali aktif di Kompasiana benar-benar banyak perubahan mulai dari Blog Competition sampai yang baru Inffite Report, sehingga saya berpikir untuk menarik kesimpulan bahwa Kompasiana merupakan rumah yang tepat bagi saya pribadi.

Kompasiana tempat menuls saya yang paling nyaman, selain teman-teman Kompasianer yang beretika dalam setiap komentar sangat cocok bagi saya pribadi, juga merasa tulisan saya dipencarian Google gampang terbaca, bahkan kadang-kadang berada di pencarian teratas, yang menurut saya sangatlah sulit, ketika saya sebelumnya saya menulis di blog pribadi.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Banyak ilmu yang saya dapatkan setelah mengenal Kompasiana baik itu sebagai pembaca maupun sebagai penulis, dan merasa bahwa Kompasiana merupakan tempat mencurahkan sebuah karya melalui tulisan dengan kemampuan yang saya miliki untuk bisa berbagi kepada orang lain, dan saya pribadi bisa mendapatkan hal-hal yang saya tidak tahu dengan seringnya menggunjungi Kompasiana ketika  berselancar di dunia maya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun