Mohon tunggu...
Agus Ghulam Ahmad
Agus Ghulam Ahmad Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis lepas

Sarjana Studi Islam. Pengamat isu dan kajian keislaman.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Aplikasi Muslim Pilihan Santri

27 September 2021   14:44 Diperbarui: 28 September 2021   09:40 328
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: dokumen pribadi (whatsapp)

Aplikasi muslim bagi saya sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang wajib ada di hp. Dan paling seringnya saya gunakan untuk mengecek jadwal shalat atau arah kiblat.

Beberapa fitur lain yang saya perlukan dalam sebuah aplikasi muslim di antaranya: Al-Qur'an (lengkap dengan terjemahan dan tafsirnya, syukur-syukur plus audio), pengingat azan, kalender hijriyyah, dan daftar zikir atau doa.

Fitur-fitur di atas adalah standar yang harus ada pada sebuah aplikasi muslim. Jika ada fitur tambahan yang saya cari, maka itu adalah pelengkap yang cocok dengan latar belakang saya sebagai santri.

Memang, aplikasi muslim secara umum harus memenuhi kebutuhan ibadah masyarakat awam. Namun, bagi saya yang pernah 6 tahun mondok dan belajar agama Islam sampai kuliah, saya mengharapkan ada aplikasi muslim yang dapat memenuhi kebutuhan khas santri.

Kebutuhan itu misalnya: koleksi kitab kuning atau buku-buku Islami, katalog hadis, panduan ibadah, dll.

Setelah mencoba berbagai aplikasi muslim, saya menemukan satu aplikasi yang cocok dengan kriteria di atas, dan itu adalah KESAN (Kedaulatan Santri). Dulu jumlah yang mengunduh aplikasi ini di playstore masih ribuan. Hingga saya menulis ini, jumlah downloadnya sudah mencapai ratusan ribu.

Tidak heran sih, karena selain fitur-fitur wajib yang saya sebutkan di awal, KESAN menawarkan berbagai fitur pelengkap yang cocok untuk santri maupun awam. Melihat nama dan fitur-fitur di dalamnya, saya merasa aplikasi muslim ini memang berasal dari santri, oleh santri, dan untuk santri.

Misalnya saja, ada marketplace yang mempromosikan UMKM dan produk unggulan dari pesantren atau online shop milik santri. Fiturnya bernama U-Mart KESAN. Saya rasa baru KESAN yang menawarkan fitur model begitu.

dok. pribadi
dok. pribadi

Lalu ada juga daftar kitab kuning yang saya cari. Koleksinya lumayan lengkap, lebih dari seribu kitab. Mulai dari kitab karya ulama klasik yang biasa diajarkan di pesantren, sampai buku-buku Islami berbahasa Indonesia yang bisa dibaca lebih banyak kalangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun