Mohon tunggu...
Agus Ahmad Fathullah
Agus Ahmad Fathullah Mohon Tunggu... Desain illustrator n IT Support

Desain ilustrator n IT Support di sebuah perusahaan swasta dan blogger pemula

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Saatnya Bebaskan Sesaknya Memori Smartphonemu dengan SanDisk Ultra Dual Drive M 3.0

3 April 2018   19:32 Diperbarui: 14 Mei 2018   00:26 1629 5 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Saatnya Bebaskan Sesaknya Memori Smartphonemu dengan SanDisk Ultra Dual Drive M 3.0
Dokumentasi Pribadi

Ditengah kemajuan teknologi seperti sekarang ini, tidak jarang salah satu di antara kita sudah memiliki beberapa perangkat elektronik seperti smartphone ataupun tablet yang jumlahnya sedikitnya 2 atau 3 unit per orang. 

Hampir setiap orang memiliki rutinitas yang hampir sama setiap paginya yaitu untuk aktif, eksis terlebih dahulu di beberapa akun media sosial seperti facebook, twitter, instagram, path dan lain-lain sebelum memulai aktifitas pagi harinya. 

Disamping itu kebiasaan untuk mendownload banyak file dengan jumlah besar baik itu berupa permainan,  video yang berformat MP4 atau file musik berformat MP3 yang ukurannya relatif besar, yang jumlahnya bisa mencapai ratusan megabyte bahkan hingga mencapai satuan gigabyte adalah suatu hal yang biasa. Apalagi seperti saya yang lebih banyak menghabiskan waktu bekerjanya berada di depan monitor komputer dan sambil mendownload beberapa file penting melalui smartphone saya. 

Alasan saya menggunakan smartphone sebagai media download dan upload data ya gitu deh, biar dapat koneksi jaringan yang stabil dan gratis maklum koneksi provider telekomunikasi ternama yang selama ini saya gunakan di tempat saya bekerja agak sedikit buruk mana daerah di tempat saya bekerja belum terjangkau oleh jaringan 4G-LTE lagi, alhasil paling cuma mentok di jaringan HSDPA saja itu saja mungkin sudah ngos-ngosan dan cukup menguras baterai smartphone apabila kondisi sinyalnya sedang tidak stabil. 

Kalau ingin mendapatkan koneksi jaringan yang bagus dan stabil mau tidak mau ya itu tadi melalui jaringan wifi kan lumayan juga tuh bisa update aplikasi, download film dan beberapa permainan yang diperuntukan smartphone android dengan kualitas high definition yang selama ini cukup membuat pemakaian data kuota reguler saya cepat tersedot habis. 

Seperti biasa kalau sudah selesai mendownload baik itu berupa film, mp3 ataupun permainan pasti langsung dipindahkan ke komputer atau laptop sesampainya saya di rumah itupun dengan menggunakan kabel data, memang agak sedikit memakan waktu dan masih menyisakan sedikit rasa was-was apabila kabel data secara tidak sengaja tersenggol tangan ataupun kaki.

Pernah di suatu waktu, saya mendapatkan kondisi memori smartphone saya yang hampir penuh yang disebabkan oleh karena saya yang lupa untuk memindahkan sejumlah data hasil download beberapa hari sebelumnya. 

Akibatnya setelah itu selalu muncul pemberitahuan atau notifikasi yang terus menerus dan itu mengganggu dan sudah sangat menjengkelkan sekali. Pada waktu itu saya sedang berada jauh dari rumah dan sedang tidak berada dekat kantor dan kebetulan juga tidak membawa laptop. Benar-benar kebingungan pusing tujuh keliling dan tidak tahu harus berbuat apa. 

Solusi hanya dengan menghapus beberapa aplikasi rasanya tidak mungkin karena semua aplikasinya juga penting, apalagi kalau menghapus beberapa album foto, file mp3 ataupun koleksi video yang tersimpan di kartu memori. 

Okelah semua file mp3 bisa dihapus toh nantinya bisa didownload ulang lagi semuanya tapi masih saja smartphone saya masih kekurangan memori karena data yang harus di download saat itu juga lumayan besar, lebih dari 1.5 Gigabyte yang berisi beberapa artwork format photoshop, adobe ilustrator, dan beberapa image format jpeg beresolusi tinggi, yang link downloadnya akan kadaluarsa dalam beberapa jam lagi. 

Pernah juga hal seperti ini terjadi sebelumnya tapi berhasil terselamatkan dengan bantuan SanDisk Cruzer Blade - USB Flash Drive yang dihubungkan dengan adapter konverter USB ke Micro USB OTG. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN