Mohon tunggu...
Agus Arta
Agus Arta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Fifty shades of tired

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Jangan Lagi Keliru! Pahami Jurnalisme Multimedia dan Jurnalisme Online Melalui Portal Berita Kompas

17 September 2021   08:16 Diperbarui: 17 September 2021   08:22 184 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jangan Lagi Keliru! Pahami Jurnalisme Multimedia dan Jurnalisme Online Melalui Portal Berita Kompas
Tangkapan Layar laman Kompas. Sumber:Kompas.com

Jurnalisme multimedia kerap kali disamakan dengan jurnalisme online. Kedua jurnalisme ini memiliki karakteristik yang berbeda.

 Jurnalisme online  menggunakan jaringan atau sistem dimana elemen didalamnya masih serupa dengan media konvensional hanya saja beoprasi menggunakan sistem jaringan komputer yang mengglobal atau sering disebut dengan internet.

Lantas apakan semua jurnalisme online dapat disebut sebagai jurnalisme multimedia? Tentu jawabanya tidak.

Widodo (2020) dalam bukunya menyebutkan bahwa multimedia dapat berarti mengombinasikan minimal tiga jenis media dalam satu platform. Televisi yang hanya mengombinasikan video dan audio, tidak dapat disebut sebagai multimedia. Hal ini dikarenakan multimedia harus mempunyai lebih dari dua komponen tersebut.

Jurnalisme multimedia merupakan bentuk jurnalistik yang menggabungkan beberapa elemen seperti teks,foto,video,dan info grafis dalam sebuah kemasan kompleks. 

Kompas.com Sebagai Salah Satu Bentuk Jurnalisme Multimedia

Untuk lebih memahami bagaimana bentuk jurnalisme multimedia saat ini, mari kita lihat dari bentuk serta elemen-elemen yang terdapat dalam portal berita online Kompas.com

Kompas.com mempresentasikan paket berita di web dengan menggunakan dua atau lebih format media seperti, visual, teks, video animasi grafis, termasuk elemen-elemen hipertekstual dan interaktifitas. 

Mari kita lihat elemen-elemen apa saja yang diterapkan oleh media Kompas.com dalam portal beritanya sebagai bentuk dari jurnalisme multimedia.

Teks

Teks merupakan elemen utama dalam setiap media informasi baik itu digital atau konvensional. Kehadiran teks menjadi nilai utama yang menentukan esensi isi berita yang dipublikasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan