Mohon tunggu...
Agus Arta
Agus Arta Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Fifty shades of tired

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Donasi Tidak Selalu Perihal Materi

3 Maret 2021   08:54 Diperbarui: 3 Maret 2021   09:24 59 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Donasi Tidak Selalu Perihal Materi
Logo TERSALUR (Foto: @tersalur on instagram)

Dua tahun belakangan ini, berita-berita televisi dipenuhi dengan kabar bencana alam yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Banjir, gempa bumi, tanah longsor,  sudah seperti tamu yang tidak pernah berhenti berkunjung di negara kita. Tidak hanya bencana alam itu, Indonesia saat ini sudah genap satu tahun harus bertahan menghadapi pandemi Covid-19 yang memberikan dampak begitu besar bagi setiap lapisan hidup masyarakat.

Masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah kebawah akan sangat merasa tertekan dengan beberapa bencana yang terjadi di Indonesia. Begitu juga saudara-saudara tunawisma, dan orang-orang yang mencari rupiah dengan mengandalkan jalanan. Bencana ini hampir seperti kiamat bagi mereka.

Kesulitan yang mereka hadapi saat ini adalah alasan kita untuk bergerak sebagai warga negara Indonesia, dan wujud pengamalan nilai gotong royong yang sudah ditanamkan sejak lama oleh nenek moyang. Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka di masa yang sulit ini? Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk tugas kemanusiaan adalah berdonasi.

TERSALUR adalah salah satu komunitas yang hadir untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan melalui donasi. TERSALUR berdiri untuk menyalurkan rasa kemanusiaan dari satu tangan ke banyak tangan. TERSALUR sudah berdiri sejak 2020 lalu dan sudah berhasil beberapa kali mengumpulkan dana sebesar lima juta bahkan sampai dua belas juta rupiah, yang nantinya mereka akan salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

TERSALUR akan menargetkan masyarakat yang akan dibantu terlebih dahulu sebelum membuka penggalangan dana melalui akun media sosial nya (Instagram: @tersalur). Mereka akan melakukan riset dan melihat urgensi masyarakat yang harus diutamakan dalam memberikan bantuan. Ketika sudah menemukan target yang sesuai, mereka akan segera membuka batch untuk melakukan aksi penggalangan di media sosial.

Bagaimana dengan kita yang ingin membantu tetapi belum mempunyai dana yang cukup untuk disumbangkan? TERSALUR hadir dan menerima bantuan tidak hanya berupa uang, ada banyak hal baik yang dapat kalian salurkan melalui platform ini. Selain dapat mendonasikan uang, kita bisa membantu mereka dengan berdonasi pakaian,buku, bahkan kita juga dapat berdonasi ilmu melalui TERSALUR.

Memberikan donasi uang, pakaian , dan juga buku mungkin hal yang sudah wajar kita lakukan dalam kegiatan berdonasi. Tetapi berdonasi ilmu adalah hal yang baru bagi saya dalam rangka menyalurkan kegiatan kemanusiaan. TERSALUR memberikan ruang bagi kita yang mempunyai ilmu atau keterampilan untuk dibagikan kepada mereka yang membutuhkan.

Salah satu program TERSALUR dalam menjalankan kegiatan kemanusiaan bertajuk "Salur Ilmu" dan "Salur Keterampilan." Program ini hadir untuk membantu tunawisma agar mempunyai sumber pembelajaran dan keterampilan yang dapat berguna bagi mereka. Pada program ini kita dapat berbagi pengetahuan dengan cara membagikan catatan, rangkuman, powerpoint, dan video pembelajaran kepada teman-teman tunawisma.  

Materi yang diberikan dapat berasal dari jenjang SD hingga kuliah dengan pelajaran umum seperti Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan Bahasa Inggris atau pengetahuan umum lainya. Selain membagikan ilmu, pada program ini kita bisa juga dapat membagikan keterampilan yang kita punya. Keterampilan yang kita salurkan dapat berupa keterampilan menjahit, merajut, meronce, pengolahan sampah, dan kewirausahaan.

Dengan hadirnya program "Salur Ilmu" dan "Salur Keterampilan" yang diselenggarakan oleh TERSALUR, tentu akan sangat bermanfaat dalam proses pengembangan diri teman-teman tunawisma kita. Tidak hanya memberikan bantuan finansial berupa uang, TERSALUR juga hadir untuk mengembangkan wawasan dan potensi teman-teman kita yang membutuhkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN